MAN 1 Solok PK Meriahkan HGN dengan Lomba Tahfiz Guru

Lomba tahfiz guru digelar MAN 1 Solok PK dalam meriahkan HGN 2022.
Lomba tahfiz guru digelar MAN 1 Solok PK dalam meriahkan HGN 2022.

Arosukapost.com, Solok- Dalam peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2022, MAN 1 Solok Plus Keterampilan (PK) mengadakan lomba tahfiz al-qur’an antar tenaga pendidik dan kependidikan, Jumat (25/11/22).

“Kita adakan lomba tahfiz ini tujuannya memotivasi guru dan satuan kerja kita agar lebih dekat lagi dengan al-qur’an, karena visi misi kita adalah menciptakan generasi yang qur’ani, tentu hal ini berawal dari guru yang mendidiknya harus dekat dengan al-qur’an terlebih dahulu,” ujar Kepala Madrasah Drs. Syukrizal, M.M.

Dijelaskannya, surat yang diujikan ialah beberapa surat dari Juz 30 sebagai surat yang wajib dibaca  peserta, ditambah dengan 3 surat pilihan, salah satu antara as-sajadah, yasin, dan ar-rahman.

Baca juga :  Tradisi Pedang Pora Penyambutan Kapolres Solok Kota Berlangsung Meriah

“HGN kita peringati setiap tahun, tetapi memeriahkannya dengan lomba tahfiz al-qur’an baru tahun ini. Hal ini menjadi tantangan dan motivasi bagi guru-guru MAN 1 ini untuk lebih baik lagi ke depannya,” ungkap Iben Zani, M.Pd., salah seorang guru.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok, H. Zulkifli, M.M. saat dihubungi media, memberi apresiasi atas inisiatif digelarnya lomba tahfiz antar satker MAN 1 Solok PK ini.

Baca juga :  Pemko Solok Serahkan SK Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil

“Terima kasih kepada MAN 1 Solok PK yang telah mengangkat acara lomba tahfiz ini, Kemenag Kabupaten Solok sangat mengapresiasi dan bangga, karena peringatan HGN di MAN 1 Solok PK tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya,” ucapnya.

Diketahui, sebanyak 69 peserta mengikuti lomba tahfiz ini. Kepala MAN 1 Solok PK Drs. Syukrizal bertindak sebagai juri tunggal. Dari total peserta tersebut tersisa 9 orang untuk mengikuti final pada Sabtu (26/11/22) dan 6 orang terpilih untuk terbaik 1 hingga harapan 2 diumumkan sesaat usai final.