Kemenag Kabupaten Solok Gelar Acara “NGOPI”

Arosukapost.com, Solok – Kantor Kemenag Kabupaten Solok menggelar kegiatan Ngobrol Pendidikan Islam (NGOPI) pada Sabtu (29/10/2022) di Hotel Primer Solok.

Acara NGOPI ini diangkat dengan tema “Kita Pelopor Moderasi dan Toleransi” bersama anggota Komisi VIII DPR RI, Lisda Hendra Jhoni.

Selain pembicara utama, dua Narasumber lainnya dalam acara tersebut ialah Kabid Pemad Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar, H. Hendri Pani Dias, S.Ag., MA dan Dosen Universitas Mahaputera Muhammad Yamin (UMMY) Solok, Hendri Irawan Dt Tambijo.

Dari paparan ketiga narasumber tersebut, hal yang terpenting sebagai upaya dalam peningkatan pendidikan Islam kedepannya, yaitu memperbaiki menejerial, membenahi sarana prasarana dan peningkatan kwalitas PBM di lembaga itu sendiri serta peningkatan tenaga pendidik dan kependidikan.

Baca juga :  Peringatan Isra Miraj 1444 H di Lingkungan Kemenag Kabupaten Solok di Wilayah Selatan Berlangsung Meriah

Hal senada juga disampaikan oleh Kakan Kemenag Kabupaten Solok, H. Zulkifli, S.Ag. MM bahwa peran serta tokoh nasional dan masyarakat ikut berpartisipasi dalam memperhatikan Madrasah, Pondok Pesantren, dan MDTA.

“Karena lembaga pendidikan Islam sudah banyak ikut berpartisipasi dalam pembangunan bangsa ini, terutama dalam pembangunan SDM yang berkualitas tanpa pamrih. Tentu sudah saatnya pemerintah memperhatikan kemajuan lembaga tersebut,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kakan Kemenag memberikan proposal pembangunan kantor pelayanan Haji terpadu Kabupaten Solok.

“Untuk memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat tentang haji, sehingga perlu pembenahan kantornya dengan baik,” ungkapnya.

Baca juga :  Polres Dharmasraya Gelar Pengamanan di Pasar Tumpah “Pabukoan”

Ia juga memberikan proposal Madrasah dan Ponpes untuk melengkapi Sapras.

“Alhamdulillah, kita mendapat respon baik dari Bu Lisda Hendra Jhoni,” ujar H. Zulkifli.

Kegiatan NGOPI tersebut dihadiri oleh berbagai ORMAS Islam, BAZNAS, Pimpinan Pondok Pesantren dan Madrasah, Kepala KUA, Penyuluh Agama, Penghulu, Darma Wanita Kemenag, dan praktisi pendidikan utusan dari Kabupaten Solok, Kota Solok, Solok Selatan, Kabupaten Dharmasraya, Kota Sawahlunto, dan Kabupaten Sijunjung. Sementara itu, yang bertindak sebagai Ketua panitia dalam kegiatan tersebut ialah H. Fuadi Nawawi, Kasubag TU Kemenag Kabupaten Solok.