Ikhlas Dt. Nan Basa: Jadikan Harhubnas Sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan Jasa Transportasi di Kota Solok

Kepala Dinas Perhubungan Kota Solok, Ikhlas Dt. Nan Basa SH
Kepala Dinas Perhubungan Kota Solok, Ikhlas Dt. Nan Basa SH

Arosukapost.com, Solok – Sejarah lahirnya hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) didasari atas keputusan Menteri Perhubungan Nomor 274/G/1971 tanggal 26 Agustus 1971. Dalam itu semua bertujuan untuk mencapai 4 sektor transportasi.

Dari Keputusan Menteri tentang Hari Perhubungan Nasional menjadikan hari bakti setiap organisasi sektor perhubungan dengan disamakan menjadi Harbubnas kemudian diperingati setiap tanggal 17 September.

Harhubnas bukan hanya untuk mengenang hari lahir atau ulang tahun lembaga di bidang Perhubungan, namunjadikan sebuah momen mengingat kembali tentang sejarah bidang perhubungan yang selalu memberikan motivasi serta inspirasi untuk bangsa indonesia dimana bertujuan dari segi waktu, biaya dan efisien.

Baca juga :  Dua Pemuda Terduga Pelaku Pengedar Sabu Diringkus Polres Pasaman Barat

Kepala Dinas Perhubungan Kota Solok, Ikhlas Dt. Nan Basa SH, saat didampingi salah satu pegawai Dinas Perhubungan Kota Solok Nurul Fajri, SH,MM, mengatakan, ada beberapa tujuan utama dari memperingati Harhubnas ini, dengan tema “Bangkit Maju Bersama” dimana menurutnya untuk meningkatkan kebersamaan dan jiwa korsa insan perhubungan, kesadaran dan tanggung jawab.

“Harhubnas juga bertujuan agar kita selalu membudayakan dalam peningkatan pelayanan yang lebih baik, penghayatan dan pengamalan Lima Citra Manusia Perhubungan,” katanya, Sabtu (17/9/22).

Dijelaskannya, bahwa Harhubnas sudah dimasukan dalam daftar penting Nasional sebagai tujuan dari empat sektor transoprtasi darat, laut, udara serta perkeretapian untuk terwujudnya konektivitas di seluruh daerah indonesia.

Baca juga :  Edukasi Kesiapsiagaan, Ini Penjelasan Geofisika Kelas I Padang Panjang Tentang Potensi Gempa di Kota Solok

“Pemerintah pusat dimana melalui Menteri Perhubungan terus berupaya meningkatkan kualitas dan daya saing SDM Transportasi untuk mewujudkan transportasi, nyaman, aman dan selamat di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Adapun manfaat dari peringatan Hahubnas ini, selain untuk membentuk rasa kebersamaan atau jiwa korsa seluruh anggota keluarga besar Perhubungan. Juga dapat terciptanya apresiasi positif seluruh stackholder dan masyarakat.

“Organisasi atau insan perhubungan diharapkan kedepannya agar menjadi lebih baik, terutama dalam upaya peningkatan keselamatan dan pelayanan jasa transportasi. Juga moment ini bisa dijadikan upaya untuk terus berkarya dan bekerja bersama membangun bangsa,” harapnya.