Sumbar  

BKSDA Sumbar Tangkap Pencuri Kayu di Kawasan Suaka Margasatwa Barisan

BKSDA Sumbar tangkap pencuri kayu di kawasan Suaka Margasatwa Barisan.
BKSDA Sumbar tangkap pencuri kayu di kawasan Suaka Margasatwa Barisan.

Arosukapost.com, Padang- BKSDA Sumbar menangkap pencuri kayu dari Suaka Margasatwa (SM) Barisan ketika tim Resort Barisan Padang Pariaman berpatroli di kawasan SM Kelurahan Balai Gadang. Hal ini dikonfirmasi Kepala BKSDA Sumbar Ardi Andono, S.TP, M.Sc.

Dijelaskan, kronologi berawal saat tim menemukan aktivitas penebangan liar pada Kamis (8/9/22), dan menemukan 3 buah bar chain saw, 2 buah rantai chain saw serta 2 drijen oli di lokasi penebangan.

Sekira pukul 21.30 WIB, tim mendapat informasi bahwa ada pergerakan mobil pick up Daihatsu warna putih menuju lokasi TKP, kemudian dilakukan pengintaian oleh tim ketika mobil tersebut akan meluncur keluar dari lokasi.

Baca juga :  Maksimalkan Potensi Budaya Sebagai Penggerak Ekonomi, Wagub Sumbar Kunjungi Nagari Budaya Sungai Landia

Setelah aksi kejar-kejaran, dini hari esoknya (9/9/22) sekira pukul 03.00 WIB, mobil pick up tersebut berhasil ditangkap. Karena tidak dapat menunjuk dokumen yang sah, dua pelaku yakni Y (52) dan A (29) diamankan ke Kantor BKSDA Sumbar.

Adapun barang bukti yang ditemukan yaitu berupa 66 batang kayu olahan jenis campuran dan satu unit mobil pick up Daihatsu warna putih. Sesudah disidik oleh Polda Sumbar dan dilakukan olah TKP pada Sabtu (10/9/22), dipastikan kayu-kayu tersebut berasal dari 5 tunggul kayu yang berada di SM Barisan.

Baca juga :  September Ini, Sumbar Kembali Aktifkan Car Free Day

“Ke pada masyarakat Sumbar berhati-hatilah membeli kayu yang tidak sah, dukung kami dalam perlindungan hutan demi menjaga kelestarian kawasaan hutan Sumbar sebagai hulu sungai di Sumatera Barat, Sumatera Utara, Pekan Baru, Riau kepulauan hingga Sumatera Selatan,” ajak Kepala KSDA Sumbar Ardi Andono.