Pasar Agropolitan Aie Baluluak Sungai Nanam Makin Ramai dan Terus Berbenah

Gubernur Sumbar Mahyeldi mengunjungi pasar Agropolitan Aie Baluluak, Kenagarian Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti.
Gubernur Sumbar Mahyeldi mengunjungi pasar Agropolitan Aie Baluluak, Kenagarian Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti.

Arosukapost.com, Solok- Pasar Agropolitan Aie Baluluak yang resmi beroperasi tahun 2020 semakin mengalami peningkatan kunjungan yang signifikan. Hal ini terlihat dari antusias pengunjung maupun pedagang yang melakukan transaksi di pasar yang baru 2 tahun ini beroperasi.

Pasar Agropolitan Aie Baluluak, Kenagarian Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti.

Pasar Agropolitan Aie Balulauak sudah dikunjungi Gubernur Sumbar Mahyeldi bersama rombongan beberapa waktu lalu, kunjungannya tersebut menyampaikan komitmen mengajak masyarakat untuk berbelanja di seputaran pasar Agropolitan Aie Baluluak.

“Komitmen pemerintah daerah untuk mendorong makin berkembangnya pasar rakyat. Salah satunya melakukan kunjungan pasar di pasar Agropolitan Aie Baluluak. Sehingga diharapkan perputaran ekonomi masyarakat khususnya penggiat UMKM di Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti terus meningkat dengan makin banyaknya transaksi jual beli masyarakat,” ujar Buya Mahyeldi.

Hal sama dikomitmenkan Pemerintah Kabupaten Solok. Bupati Epyardi Asda juga telah menyiapkan master plant pengembangan pasar dan terus memperjuangkan ke pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan.

Pengurus Pasar Agropolitan Aie Baluluak H. Mulyadi Malin bersama Mulyono SC, dalam keterangannya menyampaikan, ada penambahan fungsi los di pasar Agropolitan Aie Baluluak ini yang selama ini hanya untuk sayur mayor.

Baca juga :  Solok Selatan Masuk Nominasi 6 Besar Penghargaan Perencanaan Daerah

“Pedagang dan pembeli sangat antusias berkunjung dan berbelanja di sini, ini merupakan bentuk kesungguhan pengurus pasar hadir di tengah-tengah masyarakat. Bagi masyarakat atau pedagang sembako, rempah-rempah, aksesoris, ayam, ikan, daging pakaian dan lain-lain yang ingin berjualan, kami   sebagai pengurus pasar menyediakan tempat di pasar Agropolitan Aie Baluluak. Silakan mendaftar dan cek lokasi, kami tunggu di pasar Agropolitan Aie Baluluak,” ujar Mulyono.

Di kesempatan yang sama, Wali Nagari Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti, Delfi, S.Sos.I menyebut, Pasar Agropolitan Aie Baluluak ini merupakan tempat yang disediakan sebagai relokasi pedagang pasar Aie Baluluak. Pertanggal 14 Agustus 2022, Minggu, terdapat penambahan pedagang dan pembeli dari berbagai daerah setiap harinya.

“Tujuan relokasi ini selain untuk penataan, juga akan dilakukan pembinaan terhadap para pedagang, sehingga dengan kegiatan yang dilakukan pengurus pasar Agropolitan Aie Baluluak, daya beli masyarakat bisa meningkat, juga meningkatkan ekonomi para pedagang,” pungkasnya.

Baca juga :  Hujan Tak Kunjung Reda, Warga Timpeh Khawatir Akan Kondisi Kesehatan

Salah satu pedagang, Asparina mengungkapkan, pasar Agropolitan Aie Baluluak memang sejauh ini sudah mengalami banyak peningkatan.

“Pada pertama pasar Agropolitan Aie Baluluak resmi dibuka, masih banyak tumpukan sampah dan belum teratur yang berjualan. Namun, (ke sini) semakin meningkatnya pembeli dengan proaktifnya pengurus pasar yang berupaya melengkapi fasilitas los untuk lebih baik lagi. Walaupun masih sangat panjang perjuangan untuk mewujudkan Agropolitan Aie Baluluak yang modern, bersih, rapi dan menarik,” tuturnya.

Tokoh Sungai Nanam Parlis Dt. Ampang Batuah mengungkapkan hal yang sama. “Lokasi pasar yang strategis, dekat dengan jalan raya Alahan Panjang-Sungai Nanam-Solok yang saat sekarang telah mulus. Dengan perbaikan akses jalan ini, semua terbukti dengan ramainya pembeli dan pedagang. Semoga terus berlanjut untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya Sungai Nanam, umumnya Lembah Gumanti,” tegas Parlis.

Kendati, masyarakat masih berharap kepada pengelola untuk meningkatkan lagi fasilitas guna kenyamanan para pedagang dan pembeli, di antaranya WC, tempat shalat, area parkir yang teratur dan mengganti atap-atap yang bocor.