Sambut HUT RI ke-77, Sungai Nanam Mamfaatkan Los Pasar untuk Kegiatan Perlombaan

Arosukapost.com, Solok- Pasar Aie Baluluak, Nagari Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Rabu (10/8/22) mendadak ramai. Kondisi ini bukan lantaran adanya kegiatan jual beli sayur dipasar tersebut. Namun suasana yang berbeda itu disebabkan adanya kegiatan berbagai lomba dalam memeriahkan HUT RI ke-77.

Irman, S.Pd selaku ketua panitia, mengatakan bahwa ada sekitar dua ribu anak PAUD, TK dan siswa SD berdatangan ke Pasar Agropolitan Aie Baluluak Sungai Nanam yang disulap menjadi tempat kegiatan lomba.

“Mereka menunjukkan kemampuan mereka dalam mewarnai dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia,” kata Irman.

Selain kegiatan itu, lanjut Kepala SDN 08 Sungai Nanam ini, di Nagari Sungai Nanam juga dilaksanakan berbagai kegiatan lomba diantaranya: Lomba Lagu Kebangsaan, Lomba Melukis Parenting, Lomba Mewarnai, Lomba Kreasi Tari Guru, Lomba Tahfizh, Lomba Pidato Kebangsaan, Kegiatan Jalan santai Instansi dan gerak jalan.

“Dan untuk upacara HUT-RI ke 77 tahun 2022 ini, akan dilaksanakan di lapangan Aie Baluluak Nagari Sungai Nanam, yang telah kami laksanakan dilokasi ini sejak 2005. Untuk pawai Alegoris akan dilaksanakan usai upacara, dengan menampilkan beragam pakaian adat istiadat dan budaya Indonesia, Dengan rute di sekitar Pasa dan Koto Sungai Nanam,” jelas Irman.

Baca juga :  Warga Sungai Nanam Kabupaten Solok, Temukan Kakek Tua Pikun Disebuah Gerobak

Adapun untuk menambah kemeriahan, di Lapangan Aie Baluluak Sungai Nanam, Ribuan anak-anak dan orang tua turut berpartisipasi dalam lomba ini, salah satunya TK Islam Imam Mahmud, yang beralamat di masjid Lamo Istiqamah Sungai Nanam dibawah naungan Yayasan Generasi Peduli Kenagarian Sungai Nanam sendiri.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wali Nagari Sungai Nanam diwakili Sekretaris Nagari Harmisriono Adlis, didampingi staf, karang taruna, pemuda pancasila, organisasi kemasyarakatan, pimpinan Puskesmas Sungai Nanam, serta mahasiswa KKN dari beberapa  perguruan tinggi negeri dan swasta di Sumatera Barat.

“Kegiatan ini selain memeriahkan HUT RI ke-77 tahun 2022, juga memberi ruang untuk anak-anak mengasah kreativitas, mengembangkan motorik halus anak-anak, mengembangkan analisis visual mereka, membantu membangun konsentrasi, meningkatkan koordinasi mata dan tangan, meningkatkan kepercayaan diri, dan berlatih memecahkan masalah,” ujar Harmisriono .

Baca juga :  Bhabinkamtibmas Sungai Nanam Polres Solok Sosialisasikan Kenaikan Harga BBM

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Pimpinan Puskesmas Sungai Nanam Hj. Yeni Marlinda, S.Keb, M.Kes. Dikatakannya tujuan diadakan kegiatan ini agar anak bisa melakukan kegiatan yang bersifat analisa, memiliki kemampuan membeda dan membaca warna.

“Semoga kegiatan ini terus berlanjut, untuk mengasah kemampuan anak-anak kita yang bersifat analisa,” ucapnya.

“Kegiatan ini membawa berkah bagi pedagang mendapatkan keberuntungan,dengan menggelar aneka dagangan, baik makanan maupun minuman dan juga cetak foto langsung jadi,” sebut Dewan Pembina dan Pengawas Yayasan, Mulyono SC dan Al-Masra,S.Pd.

Sementara itu ketua umum Yayasan Generasi Peduli Kenagarian Sungai Nanam, Masriwal, M.BG,S.A.P mengatakan, bahwa acara ini juga merupakan ajang saling mengenal lingkungan dan adanya rasa persatuan dan kesatuan.

“Upaya untuk saling melihat dan belajar tentang dunia anak, serta mengenalkan sejak dini tentang perjuanganan para Pahlawan Kemerdekaan Indonesia, sehingga akan semakin mencintai NKRI,” tutur Masriwal.