SMPN 4 Bukit Sundi Semarakkan Peringatan Tahun Baru Islam 1444 H

Pawai obor memperingati tahun baru Islam 1444 H, di Masjid Taqwa Tanah Kuniang Galagah, Muaro Paneh, Jumat (29/7/22).
Pawai obor memperingati tahun baru Islam 1444 H, di Masjid Taqwa Tanah Kuniang Galagah, Muaro Paneh, Jumat (29/7/22).

Arosukapost.com, Solok- SMPN 4 Bukit Sundi memperingati malam tahun baru Islam 1444 Hijriyah dengan berbagai rangkaian acara. Dimulai pelaksanaan shalat Maghrib berjamaah kemudian pawai obor serta gelaran tausiyah, Jumat (29/7/22) malam, di Masjid Taqwa Tanah Kuniang Galagah, Muaro Paneh, Kabupaten Solok.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh civitas akademika SMPN 4 Bukit Sundi dan masyarakat setempat, bertujuan untuk memahami makna peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah.

Kegiatan ini dibimbing oleh Ustad Ahmad Syukri, SIQ, S.Ag, M.PdI yang rangkaian kegiatannya dimulai dari shalat Maghrib berjamaah, pawai obor diikuti oleh MDTA ,TPQ, remaja masjid dan masyarakat setempat. Setelah itu dilanjutkan tabligh akbar, zikir bersama dan muhasabah diri serta diakhri tadarus, tahajjud dan sholat Subuh berjamaah.

Baca juga :  Rutin Laksanakan Kurban, Masyarakat Tanah Garam : Baru Pertama Kali Kami Dapat Hewan Kurban dari Anggota DPR RI

Kepala Sekolah SMPN 4 Bukit Sundi Novi Wardanti, M.Pd mengatakan, kegiatan ini diadakan untuk mengilhami keteladanan Rasulullah SAW yang membawa umatnya hijrah dari Mekkah ke Madinah.

Sama halnya dengan yang diinginkannya, Novi Wardanti yang kerap disapa Mami, selaku pimpinan SMPN 4 Bukit Sundi, ia juga ingin membawa hijrah semua siswa dan siswinya kepada peningkatan kualitas dalam segala aspek, dengan kata lain merefleksikan nilai-nilai hijrah itu pada perpindahan yang lebih baik.

Baca juga :  Puncak Hari Jadi Kabupaten Solok ke-111 Ditandai Sidang Paripurna

Sementara Ketua Komite SMPN 4 Bukit Sundi Martius, menyampaikan terima kasih pada kepala sekolah, guru dan semua yang terlibat dalam menyemarakkan peringatan tahun baru Islam 1444 Hijriyah.

“(Kegiatan ini) belum pernah ada di nagari kami. Kegiatan seperti ini sangat kita dukung dan tahun depan kita tingkatkan dengan inovasi dan kreativitas yang lebih bagus,” tutup Martius.