Bupati Solok Ikuti Rakornas Pengawasan Intern Tahun 2022

Bupati Solok, Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar, saat mengikuti Video Conference dengan Presiden RI Joko Widodo, mengenai Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2022, Selasa (14/6/22)
Bupati Solok, Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar, saat mengikuti Video Conference dengan Presiden RI Joko Widodo, mengenai Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2022, Selasa (14/6/22)

Arosukapost.com, Solok- Bupati Solok, Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar, mengikuti Video Conference dengan Presiden RI Joko Widodo, mengenai Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2022.

Kegiatan ini diikuti oleh Para Menteri, Kepala BUMN dan seluruh Kepala Daerah di Indonesia. Kegiatan Vidcon tersebut dilaksanakan di Ruangan Rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Solok, Selasa (14/6/22).

Turut Mendampingi Bupati Solok yakni Asisten Koordinasi Bidang Pemerintahan Drs.Syahrial MM, Asisten Koordinasi Bidang Administrasi Umum Editiawarman S.Sos, M.Si, Inspektur Daerah, serta beberapa SKPD terkait.

Baca juga :  Pemprov Sumbar Fasilitasi Soal Batas Wilayah Tanah Datar dengan Kabupaten Solok

Dalam laporan Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh menyampaikan rakornas wasin 2022 mengangkat tema ” Gunakan Produk Dalam Negeri untuk Bangsa yang Mandiri” sebagaimana yang telah diarahkan oleh Bapak Presiden memanfaatkan peran pemerintah untuk memaksimalkan penggunaan produk dalam negeri sehingga bisa memberikan dampak secara maksimal dalam aktivitas ekonomi dalam negeri.

Mengawali arahannya Presiden RI Joko Widodo menyampaikan saat ini di seluruh Dunia tengah mengalami Ancaman Krisis Pangan Global dan tidak bisa diprediksi akan berlangsung sampai kapan.

Hal ini disebabkan oleh inflasi dan pembatasan aliran pangan serta perubahan iklim, membuat jutaan manusia di seluruh muka bumi dalam posisi rentan pangan.

Baca juga :  Baznas Kukuhkan UPZ Polres Dharmasraya Periode 2022-2027

Menanggapi hal ini Presiden berpesan kepada seluruh Pemerintah baik dari Pusat maupun Daerah agar selalu siap dalam menghadapi krisis ini untuk kedepannya.

Presiden Joko Widodo mengingatkan untuk mengoptimalkan dan memprioritaskan Belanja APBN dan APBD untuk produk lokal guna mendongkrak Pertumbuhan Ekonomi.

Presiden mengatakan bahwa untuk belanja Pemerintahan juga harus menciptakan nilai tambah bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

“Belanja Impor hanya dilakukan jika produk lokal tidak ada,” tegas Presiden.

Penulis: NGEditor: Nofri Guntala