Jorong Sawah Sudut Salayo Gelar Khataman Al-Quran MDA Mesjid Baitunnur

khataman Al-quran MDA Mesjid Baitunnur Jorong Sawah Sudut, Kenagarian Salayo, Kabupaten Solok pada Sabtu dan Minggu (4-5/6/22).

Arosukapost.com, Salayo- Kebiasaan membaca Al-quran merupakan suatu keharusan dan kebanggaan dalam sebuah keluarga, karena hampir semua kegiatan dalam masyarakat muslim begitu kental dengan kebiasaan membaca Al-quran.

Terkhusus anak-anak, khatam Al-quran digelar sebagai bentuk syukur ketika mereka sudah mampu membaca dan menamatkan Al-quran. Dengan itu, hal ini digelar oleh pemuda dan tokoh masyarakat serta seluruh kepengurusan POSS, yaitu melaksanakan acara khataman Al-quran MDA Mesjid Baitunnur Jorong Sawah Sudut, Kenagarian Salayo, Kabupaten Solok pada Sabtu dan Minggu (4-5/6/22).

Peserta khatam Al-quran di Jorong Sawah Sudut.

Wali Nagari Salayo Ronal Regen ST selaku penanggung jawab acara menyampaikan kepada media arosukapost, pelaksanaan khatam Al-quran di MDA Mesjid Baitunnur ini diikuti oleh peserta sebanyak 22 orang dan yang diwisuda 12 orang.

Baca juga :  Disdikpora Kabupaten Solok Gelar Kegiatan Penyusunan dan Penginputan RKAS Berbasis Data

“Tujuan dilaksanakan kegiatan khatam Al-quran ini yaitu sebagai ungkapan syukur dan sebagai salah satu upaya mengukur kemampuan anak-anak kita dalam membaca Al-quran untuk tingkat dasar, serta sebagai motivasi bagi anak siswa yang belum khatam,” ungkap Ronald.

Lebih lanjut kata Ronal, dari segi kepanitiaan seluruh panitia merupakan para pemuda, tokoh masyarakat dan pengurus POSS Sawah Sudut.

“Kegiatan ini terlaksana berkat bantuan iuran dana dari peserta khatam Al-quran, seluruh murid yang ada di MDA Sawah Sudut dan donatur-donatur dari salingka Nagari Salayo. Tidak lupa juga bantuan dari perantau kita yang berasal dari Salayo,” ungkapnya.

Baca juga :  Wali Nagari Salingka Danau Singkarak Curhat pada Gubernur Sumbar

“Alhamdulillah, laporan dari panitia dana yang terkumpul yaitu lebih kurang Rp85 juta, dibantu 1 ekor sapi dari salah satu tokoh masyarakat Salayo Evalinda Mangkudun Gamuk,” ucap Ronald.

Pembantaian satu ekor sapi dalam kegiatan khatam Al-quran di Jorong Sawah Sudut.

Kemudian, Ronal Regen mengucapkan terima kasih kepada para donatur dan seluruh masyarakat yang ikut andil memberi sumbangan materil atau non materil, “semoga apa yang kita berikan menjadi amal ibadah hendaknya,” lanjutnya.

“Bagi panitia beserta pemuda yang ada di Nagari Salayo, khususnya Jorong Sawah Sudut mari kita bersama-sama bersatu untuk membangun kampung halaman kita, bahkan ikut serta dalam kegiatan yang ada di Jorong Sawah Sudut,” tutup Ronald.

Penulis: RSEditor: DW