Rest Area Bukit Subang Ikon Baru Kuliner Kabupaten Solok

Rest Area Bukit Subang, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.
Rest Area Bukit Subang, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.

Arosukapost.com, Solok- Beberapa bulan setelah tahap pengerjaan penambahan kios dan sarana lain Rest Area Bukit Subang, kini kawasan tersebut telah ditempati oleh para pedagang kuliner.

Hal ini berdasarkan pantauan pada Rabu (18/5/22), rest area ini dilengkapi sejumlah sarana seperti tempat ibadah, tempat parkir yang luas, tempat karaoke hingga menyediakan wifi gratis dan digadang-gadangkan akan menjadi ikon baru pusat kuliner Kabupaten Solok.

Kios di Rest Area Bukit Subang ditempati para pedagang.

Salah seorang pengunjung ketika ditanya tim Arosukapost menyebut, lokasinya yang strategis sangat membantu masyarakat ketika hendak beristirahat saat berpergian jauh, di samping menyediakan macam kuliner yang memanjakan perut.

Memang, rest area ini berada di lokasi yang strategis, tepatnya di Jl. Raya Solok-Padang, Lubuk Selasih, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok. Saat ini pun rest area ini dikelola oleh Bumnag Batang Barus.

Baca juga :  Sepanjang Tahun 2022, Jasa Raharja Solok Serahkan Santunan Rp. 8,3 Miliar

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok melalui Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Rince Kusmala Dewi, SE, MM, mengatakan, Rest Area Bukit Subang ini baru diresmikan pada bulan Ramadhan, bulan lalu.

“Kemarin sudah dilakukan MOU antar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok dengan Bumnag Batang Barus untuk durasi kontrak selama 1 tahun dengan besaran Rp23.140.000 untuk seluruh kawasan rest area, dan besaran kontraknya sudah berdasarkan penilaian aset oleh Badan Keuangan Daerah Kabupaten Solok melalui Bidang Pengelolaan Aset,” kata Rince Kusmala Dewi.

Kepala bidang yang baru beberapa bulan menjabat tersebut mengungkap, ke depan juga direncanakan akan dibangun lagi sarana lain secara bertahap. Untuk itu pihaknya berharap, agar ‘aset’ tersebut harus dijaga dan dimanfaatkan.

Baca juga :  Ngumpul Bareng Pedagang Bakso, Sutan Riska Puji Kontribusi KPBN Terhadap Perekonomian Bangsa

“Jika selama ini terbengkalai, itu semua karena memang penilaian aset untuk menentukan harga sewanya yang belum tuntas ,” katanya.

Lebih lanjut Rince berharap, Rest Area Bukit Subang ini ke depan dapat menjadi ikon baru di Kabupaten Solok di tengah banyaknya destinasi wisata yang muncul saat ini.

“Khusus kuliner Rest Area Bukit Subang, kita akan berusaha menampilkan kuliner khas Kabuapten Solok. Di sana juga disediakan wifi gratis, tempat karaoke, dan ke depan juga akan dijadikan pusat oleh-oleh Kabupaten Solok,” tutupnya.

Penulis: WRAEditor: DW