Sumbar  

Pemkab Solok Langsungkan Sidang Paripurna Istimewa Hari Jadi Kabuapten Solok ke-109

Sidang Paripurna Istimewa Hari Jadi Kabuapten Solok ke-109, Sabtu (9/4/22).
Sidang Paripurna Istimewa Hari Jadi Kabuapten Solok ke-109, Sabtu (9/4/22).

Arosukapost.com, Arosuka- Bertempat di ruang rapat DPRD Kabupaten Solok, Arosuka, Sabtu (9/4/22), dilangsungkan Sidang Paripurna Istimewa Hari Jadi Kabupaten (HJK) Solok ke-109.

Ketua DPRD Dodi Hendra memimpin sidang tersebut dengan didampingi Wakil Ketua Ivoni Munir, S.Farm dan Lucky Effendi.

Dihadiri Bupati Solok H. Epyardi Asda, M.Mar, Wakil Bupati Jon Firman Pandu, SH, serta segenap anggota DPRD duduk di bangku kehormatan.

Turut pula menghadiri Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Wali Kota Sawahlunto Deri Asta, Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana, utusan para bupati dan wali kota se-Sumatera Barat, utusan gubernur, forkopimda, para pejabat di lingkungan Pemkab Solok, undangan tokoh masyarakat dan pimpinan lembaga nagari, cadiak pandai dan hadirin lainnya turut meramaikan kemeriahan suasana acara.

Bahkan, di sela acara juga adanya kehadiran generasi muda atas nama Aliansi Mahasiswa Solok (AMS) melakukan aksi demo di halaman kantor DPRD.

Ketua DPRD Dodi Hendra dalam sambutannya menyampaikan sejarah perjalanan Kabupaten Solok. Penetapannya tertuang dalam Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2009 tentang Penetapan Hari Jadi Kabupaten Solok.

Baca juga :  Antisipasi Penyebaran Covid-19, Siswa SD 40 Bukit Gado-Gado Kota Padang Diliburkan

“Sebagai masyarakat Kabupaten Solok, kita wajib bersyukur dengan menjadikan hari jadi ini sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini dengan karya dan prestasi. Lalu kita bingkai catatan perjalanan hari ini dan ke depan dengan kerja-kerja produktif demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan yang lebih baik,” kata Dodi Hendra. 

“Dengan memperingati hari jadi kita dituntut untuk mengevaluasi perjalanan masa lalu. Kita dituntut untuk dapat berbuat suatu kebijakan yang baik dan pro rakyat, untuk menapak masa depan lebih baik dalam mensejahterakan masyarakat,” lanjut Ketua DPRD tersebut.

Melalui tema ulang tahun Kabupaten Solok, Bersatu Bangkit dan Tumbuh dengan visi misi menjadikan Kabupaten Solok yang terbaik di Sumatera Barat, diusung oleh Bupati dan Wakil Bupati Solok H. Epyardi Asda, M.Mar dan Jon Firman Pandu, SH, berkomitmen mengembalikan kejayaan Kabupaten Solok yang pernah ada.

Baca juga :  Pemkab Solsel Mutakhirkan Data Objek dan Subjek PBB di Tiga Kecamatan

“Program ini tidak akan berhasil tanpa dukungan semua pihak. Untuk itu, mari secara bersama-sama memberikan dukungan terhadap visi dan misi tersebut. Artinya kita semua bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT,” sambungnya.

Bupati Solok Epyardi Asda dalam pidato hari jadi, mengungkapkan visi “Mambangkik Batang Tarandam” dan “Kabupaten Terbaik di Sumatera Barat”, makna ungkapannya yakni untuk mengembalikan marwah Kabupaten Solok yang tenggelam semenjak beberapa tahun terakhir.

“Pernyataan ‘Kabupaten Terbaik di Sumatera Barat’ adalah upaya kita untuk menjaga konsistensi atau relevansi dengan visi jangka panjang Kabupaten Solok, kami bertekad menjadikan Kabupaten Solok terbaik dari yang baik. Pernyataan ‘Kabupaten Terbaik di Sumatera Barat’ juga bermakna sebagai bentuk yang menggambarkan sifat heroik dan cita-cita jangka panjang yang ingin diwujudkan masyarakat Kabupaten Solok.

Penulis: DefEditor: DW