Mahyeldi Kian Bersinar dari Pariaman, Bukittinggi hingga Dharmasraya

PENULIS, SYAM CHANIAGO

Sejak memasuki masa cuti sebagai Gubernur Sumbar, mengawali tahapan kampanye sebagai calon Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah telah melakukan safari politiknya ke beberapa daerah, mulai dari Pariaman, Bukittiggi sampai ke ujung Dharmasraya, disambut masyarakat penuh suka ria. Dari pantauan tim Arosuka Post, Mahyeldi-Vasko makin menguat dan menyala di beberapa daerah.

Termasuk di Kabupaten Solok dukungan para tokoh hingga nagari bagaikan tak terbendung. Keramahan dan kesantunan serta kesabaran calon pemimpin Sumbar ini menjadi indikator utama untuk menjatuhkan pilihannya, simpatik rakyat tumbuh makin subur, semakin tinggi hujatan semakin naik elektabilitas dan popularitas pasangan Mahyeldi-Vasko.

Masjid-masjid menjadi tempat istrahat yang paling disukai Mahyeldi, bukan hotel berbintang dan mewah, karena ini telah menjadi tempatnya bermalam dari usia muda.

Bahkan ia tak merasa terhina bila dirinya ada yang memanggil sebagai Garin Masjid. Baginya profesi ini bukanlah pekerjaan yang hina.“Saya di usia muda dan semasa kuliah, memang menjadi seorang Garin Masjid dan Muahola, kebiasaan tidur di Masjid telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan saya, “ jelas Mahyeldi dalam sebuah perbincangan dengan Arosuka Post beberapa waktu lalu.

Pandangan pandangan positif mulai muncul dari kelompok kelompok masyarakat, merasa mendapatkan perhatian dalam kepemimpinan Mahyeldi-Audi dalam melstarikan tradisi dan budaya lokal, Forum Batajau Seni Piamam (FBSP) sangat memberikan apresiasinya. Tertutama sekali bagi kawula muda dan seniman Pariaman.

Hal tersebut diugkapkan Roby Suhendra sebagai ketua Forum Batajau Seni Piaman, selama pemerintahan Mahyeldi-Audy, pihaknya mendapat perhatian yang luar biasa. “Da Audy pernah datang menghadirii dan memberikan spirit saat kami menggelar event kami serta Buya Mahyeldi pernah bersama kami satu sanggar dalam forum kami,” ujarnya.

Ia menambahkan, FBSP juga kerap mendapat undangan mengikuti pelatihan dan pembinaan. Selain itu, Kepala Dinas seperti pak Luhur Budianda (Dinas Pariwisata) atau pak Novrial (Kepala dinas Perindag) juga sering hadir dalam acara acara yang dihelar FBSP.

Roby mengatakan, ekosistem kesenian selama pemerintahan Mahyeldi-Audy sangat bagus. “Pekan Kebudayaan Daerah itu salah satu buktinya,” kata Jebolan S2 ISI Padang Panjang ini.

Ungkapan senada juha disampaikan Afrizal Jasman, salah seorang perupa muda mengakui Sumbar telah bergerak menuju ekosistem kreatif yang bagus selama pemerintahan Mahyeldi Audy.

Baca juga :  Solok Sejuk dan Damai: Harapan Baru Melalui Kepemimpinan Jon Firman Pandu dan H. Candra S.Hi

“Sumbar sudah bergerak ke sana. Saya kuliah dulu di Bandung, terasa apa yang sudah dilakukan di Sumbar akan membuat ekosistem kreatif disini juga bisa setara dengan Bandung atau Jabar suatu saat nanti,” tutur Afrizal.

Dia pun sangat berharap seniman-seniman memiliki kemandirian dan memiliki loyalitas dalam mengekspresikan seni dan budaya daerah menjadi karya karya anak Minang yang memiliki kekayaan dan banyak potensi potensi yang perlu dikembangkan.

“Kami doakan bersama buya Mahyeldi bersama Vasko dipercaya masyarakat kembali mempin daerah ini, Insyaallah warga Pariaman juga banyak yang mendoakan dan mengidolakan buya, “ kata seniman muda ini.

BUKITTINGGI MENYAPA MAHYELDI

Pasangan Calon Gubernur Sumatera Barat nomor urut 1 Mahyeldi-Vasko meski head to head, pasangan ini terbilang kuat.Mahyeldi menyapa warga Bukittinggi, berdialog bertemu dengan tokoh masyarakat di Belakang Balok, Aur Birugo Tigo Baleh, Kota Bukittinggi, Kamis (26/9/2024) siang.

Mahyeldi sangat bersyukur, Partai Gerindra sangat identik dengan Parbowo, sebentar lagi beliau akan dilantik secara resmi. Dukungan partai Gerindra dan sejumlah partai besar lainnya, sangat memberikan harapan besar pembangunan Sumbar ke depan.

Pasalnya, sinergi antara pemerintag daerah dengan pemerintahnpusat akan mampu meningkatkan percepatan pembangunan bagi Sumbar kedepan di seluruh aspek.Mahyeldi optimis, kerjasama ini akan memberikan dampak signifikan bagi pertumbuhan ekonomi Sumbar, terutama dalam upaya mengentaskan kemiskinan yang berada pada tingkat rendah.

PERKUAT KAN DI NAGARI

Selain itu, Mahyeldi juga menyoroti pentingnya memperkuat peran Kerapatan Adat Nagari (KAN) di Sumatera Barat ini. Hal ini selaras dengan pemerintah Provinsi Sumbar yang terus mendukung penguatan Nagari sebagai pusat kearifan lokal.

Kemudian dari sisi program keagamaan, Mahyeldi berkomitmen untuk menempatkan imam yang hafal 30 juz Al-Quran di Masjid masjid yang strategis dalam melahirkan hafiz dan hafizah yang Al’Qurani.

“Sehingga generasi pemimpin masa datang adalah generasi penghafal Al,Quran di Ranah Minang yang kita cintai ini,” ujar buya.Imam imam Masjid, inshaallah juga akan diberikan insentif dari pemerintah, demi memaksimalkan tugas tugas dan membantu para Imam.

“Dengan adanya imam di masjid nagari, kita bisa meminimalisir dampak negatif di masyarakat. InsyaAllah, hal ini akan menjadi langkah penting bagi kita semua,” tambah buya.

Baca juga :  Kandidat Kuat Wali Nagari Sungai Rumbai Timur H. Barisal, Ini Visi Misinya

DI UJUNG DHARMASRAYA SIAP MENANGKAN MAHYELDI-VASKO

Kabupaten Dharmasraya banyak pihak meramallan akan menjadi daerah yang tinggi kemenangan Mahyeldi, kali ini safari politik buya menjambangi masyarakat di Jorong Padang Tengah 2, Nagari Padukuan, Kecamatan Koto Salak, Kabupaten, Jumat (27/9/2024) kemarin.

Kedatangan Mahyeldi yang masih melekat dihati masyarakat sebagai Gubenur Sumbar saat ini, meski hanya cuti dalam masa kampanye, pertemuan di rumah Paimin sangat disambut antusias dan suka ria oleh warga setempat.

Paimin, mengemukakan kehadiran Mahyeldi di daerah terpencil menunjukkan komitmen nyata dalam mendengarkan aspirasi masyarakat dan terbangunnya silaturrahim antara rakyat dan pempinya.

“Terima kasih, Buya (Mahyeldi), sudah bersedia datang ke daerah paling ujung Sumatera Barat. Kami berharap, Buya bisa kembali menjabat sebagai Gubernur Sumbar untuk kedua kalinya,” harap Paimin bersemangat.

Ditambahkan Paimin, Antusiasme warga terhadap Mahyeldi sangat terlihat, ia sangat meyakini bahwa masyarakat siap mendukung penuh pencalonan Mahyeldi dalam Pilgub Sumbar 2024 dan memenang Dalam kesempatan tersebut, Mahyeldi menyampaikan rasa terima kasihnya kepada warga yang telah menanti kedatangannya hingga siang hari.

Dia mengaku terharu dengan sambutan yang diberikan oleh masyarakat setempat.Tawa dan canda memecah kesunyian kediaman Paimin, masukan dan aspirasi masyarakat dalam dialog hari itu, menjadi bahian penting yang akan menjadi agenda bila amanah berada kembali di pundak Mahyeldi.

Hampir semua masukan dan dialog tekah menjadi bagian yang termasuk dalam visi misi pasangan Mahyeldi-Vasko, mulai dari perhatian untuk nagari, kolompok tani, UMKM, generasi muda dan lainnya.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesediaan bapak-ibu menunggu kami sampai siang ini. Saya sangat menghargai dukungan yang sudah diberikan sejak periode pertama saya menjabat sebagai gubernur,” kata Mahyeldi selalu mangambangkan senyumnya

Dijelaskan Buya, berkat dukungan bapak-ibu semua, Sumbar telah banyak menapak kemajuan dan prestasi nasional, salah satunya di sektor perekonomian Sumbar saat ini berada di peringkat ketiga nasional serta banyak penghargaan lainnya.

Kedatangan Buya Mahyeldi dalam safari politiknya semakin menguatkan kekuatan buya, diprediksikan akan sulit di tumbangkan rivalnya, masyarakat setempat berjanji akan memberikan suaranua untuk memilih Mahyeldi-Vasko.