ForKAN Kabupaten Solok Periode 2024-2029 Resmi Dikukuhkan oleh Bupati Solok

Bupati Solok, Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar secara resmi mengukuhkan kepengurusan Forum Kerapatan Adat Nagari (ForKAN) Kabupaten Solok periode 2024-2029 (dok foto GG)
Bupati Solok, Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar secara resmi mengukuhkan kepengurusan Forum Kerapatan Adat Nagari (ForKAN) Kabupaten Solok periode 2024-2029 (dok foto GG)

Solok, Arosukapost.com – Bupati Solok, Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar secara resmi mengukuhkan kepengurusan Forum Kerapatan Adat Nagari (ForKAN) Kabupaten Solok periode 2024-2029 di Gedung Solok Nan Indah, Senin (9/9/24)

Turut menghadiri Pembina Bundo Kanduang Kabupaten Solok, Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM drg. Muswir Indra Yones, Asisten I Drs. Syahrial, MM, Kepala OPD, Camat, Walinagari, serta Ketua KAN dan BPN se-Kabupaten Solok.

Bupati Solok memberikan sambutan acara pengukuhan PorKAN
Bupati Solok memberikan sambutan acara pengukuhan PorKAN

Dalam struktur kepengurusan ForKAN periode ini, Bupati Solok menjabat sebagai Pucuak Undang, dengan Sekretaris Daerah, Kepala Disparbud, dan Kepala DPMN sebagai Pembina. Berikut daftar lengkap kepengurusan ForKAN Kabupaten Solok 2024-2029:

– Ketua : H. Adius Shaleh dt. Rajo Mudo

– Wakil Ketua I : Novian Dt Indo Marajo

Baca juga :  Jumat Curhat Kapolres Solok Hari Ini Nge-Warkop di Lubuk Selasih

– Wakil Ketua II : Abu Jamar Dt Bandaro Putiah

– Wakil Ketua III : Aprimensyah Dt Pintu Langik

– Wakil Ketua IV : Usri Dt Marajo

– Sekretaris : Agus Efatra Dt Bandaro Kayo

– Wakil Sekretaris I : Nasrullah Dt Rajo Mangkuto

– Wakil Sekretaris II : Herman Dt Batuah

– Bendahara : Elson Dt Rajo Gumunyiang

– Wakil Bendahara I : Yuhendri Dt Tantejo Mahadirajo

– Wakil Bendahara II : Arnefis Malin Sutan

Pengurus ForKAN juga melibatkan berbagai Ketua KAN se-Kabupaten Solok dalam bidang-bidang tertentu yang bertujuan untuk memperkuat struktur organisasi adat nagari.

Pada sambutannya, Ketua ForKAN, H. Adius Shaleh, menyampaikan pentingnya peran ForKAN dalam mendukung program pemerintah daerah serta menjaga dan melestarikan warisan budaya Minangkabau.

“Kami berharap seluruh Niniak Mamak dapat bekerja sama dengan pemerintah, menjaga generasi muda agar memahami nilai-nilai adat dan budaya Minangkabau,” ujarnya.

Baca juga :  Jawi Jawi Guguk Kabupaten Solok, Targetkan Menjadi Kampung Sehat

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati Solok yang telah mendukung peran Niniak Mamak dengan menganggarkan bantuan khusus untuk balai adat di seluruh nagari.

Bupati Solok dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada pengurus baru ForKAN periode 2024-2029 dan berharap kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dan Niniak Mamak terus berlanjut.

“Peranan Niniak Mamak harus sejalan dengan pemerintah agar pembangunan berjalan lancar. Kami juga akan menyediakan anggaran seragam bagi para Ketua KAN di Kabupaten Solok untuk keseragaman,” ungkapnya.

Pengukuhan ini diharapkan dapat menciptakan harmonisasi dan sinergi antara seluruh anggota Forum KAN di Kabupaten Solok demi kemajuan bersama. (GG)