7 Anak Kabupaten Solok Diterima Kuliah di Universitas Al-Azhar Mesir, Harap Perhatian dari Pemda Solok

Arosukapost.com – Kabupaten Solok, Sebanyak 7 orang santri MAN 1 Sokk Plus Keterampilan berhasil diterima sebagai mahasiswa baru di kampus ternama Universitas al-Azhar, Kairo, Mesir. Kabar baik ini disampaikan oleh Waka Humas MAN 1 Solok PK kepada media pada Selasa siang, (03/09/2024).

Tujuh nama santri MAN 1 Solok yang tertera pada lembar pengumuman berbahasa Arab tersebut ialah Fajri Nuri Vanda asal Nagari Air Dingin, Kec. Lembah Gumanti, Rahmat Fauzan, asal Nagari Cupak, Kec. Gunung Talang, Muhammad Jamil, asal Nagari Sibarambang, Kec. X Koto Di Atas, Lidia Arista, asal Nagari Jawi-Jawi Guguak, Kec. Gunung Talang, Zahratul Syta, asal Nagari Talang Babungo, Kec. Hiliran Gumanti, Vanisa Rahma Syahrani, asal Nagari Koto Laweh, Kec. Lembang Jaya, dan Suci Ananda Aslin asal Nagari Cupak, Kec. Gunung Talang.

Waka Humas MAN 1 Solok PK, Fauzi Agus, S.Th.I menyampaikan kepada media bahwa 7 santri tersebut berhasil lulus setelah melaksanakan serangkaian tes khusus untuk masuk ke Universitas ternama di dunia itu.

“Alhamdulillah, 7 santri kita diterima sesudah melakukan serangkaian proses dan tes. Semoga semuanya sukses dan dapat melaksanakan studi dengan baik disana nantinya,” ungkap Fauzi Agus.

Waka Kesiswaan, Erman, S.Ag mengucapkan selamat dan bersyukur atas pencapaian terbaik ini.

“Selamat kepada ananda yang berhasil diterima di Mesir, semoga diberikan kemudahan dalam mengurus segala hal untuk keberangkatan ke sana nantinya,” timpal Erman.

Baca juga :  Safari Ramadhan Ke Pessel, Gubernur Sumbar Buka Puasa bersama Masyarakat Kapelgam Bayang

Kepala MAN 1 Solok PK, Drs. Syukrizal, M.M juga sangat bersyukur saat menerima kabar baik ini.

“Alhamdulillah, sebagai kepala MAN 1 Solok PK tentu kita bangga dengan keberhasilan siswa kita diterima di Universitas Al-Azhar Cairo, semoga anak-anak kita ini sukses selalu dan tak lupa dengan almamaternya nanti setelah selesai studinya di Mesir,” ujar Syukrizal.

“Kepada Pendidik dan Tenaga Kependidikan MAN 1 Solok PK saya ucapkan terima kasih yang telah mengantarkan anak-anak kita itu sampai lulus di Perguruan Tinggi Luar Negeri ini, mudah-mudahan Allah jadikan itu semua sebagai ladang amal untuk akhirat kelak,” ungkapnya.

Ka. Kankemenag Kab. Solok, H. Zulkifli, S.Ag., M.M turut bangga dan bersyukur mendapati kabar ini.

“Alhamdulillah, selamat kepada MAN 1 Solok PK yang telah berhasil mengantarkan santrinya ke Perguruan Tinggi Luar Negeri dan tahun ini 7 orang ke Kairo, Mesir. Tentu hal ini patut kita apresiasi, dan kita berharap mereka dapat melaksanakan studi dengan baik di sana nantinya serta membawa ilmu pulang untuk disampaikan di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Solok khususnya,” ujar H. Zulkifli.

Fajri Nuri Vanda, mengucapkan terima kasih atas segala upaya yang dilakukan oleh para pendidik di MAN 1 Solok PK demi membantu mereka sampai ke tahap ini.

Baca juga :  Tim XI Safari Ramadhan: Menebarkan Kebaikan di Dharmasraya

“Terima kasih banyak kepada Bapak kepala madrasah, terima kasih kepada asatidz yang telah memberikan bekal kepada kami untuk menghantarkan kami menuju kampus impian ini. Terima kasih kepada semua pihak atas segala do’a yang selalu dihaturkan, sehingga kami bisa diterima untuk melanjutkan pendidikan di al-Azhar,” ujar siswa asal Jorong Koto, Aie Dingin tersebut

Menurut keterangan dari Lidia Arista, mereka akan berangkat ke Bumi Arab itu pada pertengahan Oktober mendatang, akan tetapi sampai saat ini masih mengumpulkan biaya untuk keberangkatan

“Alhamdulillah passport dan visa sudah selesai diurus, dan diperkirakan akan berangkat pada tanggal 14 atau 15 Oktober nanti, akan tetapi sampai saat ini kami masih mengumpulkan dana kesana kemari untuk biaya keberangkatan. Kami sudah mencoba mengusulkan ke Baznas, semoga berhasil nantinya,” ujar Lidia penuh harap

Siswi asal Jawi-Jawi Guguak itu mengungkapkan bahwa biaya yang dibutuhkan lebih kurang 30 Juta per-orang. Besar harapan mereka agar mendapat perhatian dari pemerintah, terutama pemerintahan Kabupaten Solok

“Kami sangat berharap perhatian dan bantuan dari pemerintah Kab. Solok, karena kami semua merupakan generasi muda yang akan membawa nama Kabupaten Solok ke Bumi Paramida,” timpal Zahra asal Talang Babungo. ( SD )