PKS dan Nasdem Bersatu Dukung Adi Gunawan dan Romi Siska: Upaya Menyelamatkan Demokrasi

Arosukapost.com – Dharmasraya. Pandong Spendra, SH, Dt. Tambijo, Ampera, Dt. Labuan dari DPW Sumbar Partai Nasdem telah mendapatkan dukungan dari Partai PKS. Widyatmo memberikan dukungan kepada pasangan calon Adi Gunawan dan Romi Siska setelah Partai PKS mencabut dukungannya terhadap pasangan calon Annisa dan Leli Arni (Asli).

Pandong Spendra dari DPW Partai Nasdem Sumbar menjelaskan di Gunung Medan bahwa, berdasarkan keputusan MK, Partai Nasdem dan PKS telah memenuhi syarat untuk mendukung pasangan calon.

“Menyoal soal B1 KWK, kami sudah menerimanya dan telah kami kantongi. Tentunya, mulai hari ini, Selasa (3/09/2023) hingga besok (3/09/2024), kami akan mengawal KPU. Intinya, PKS dan Nasdem telah memenuhi persyaratan sesuai dengan keputusan MK tersebut,” terangnya.

“Negara tidak bisa diatur dari mulut ke mulut. Hak partai lebih tinggi daripada kesepakatan. Setiap keputusan tetap harus melalui pleno, bukan melalui telepon seluler,” cetusnya.

Baca juga :  Masyarakat Kecewa! Disdikpora Tak Hadir pada Musrenbang Kecamatan Tigo Lurah, Kadis: Mungkin Undangannya Terlambat

Dia mengatakan bahwa kesepakatan dan kebijakan dalam pleno KPU tidak boleh menutup akses bagi pasangan bakal calon. “Ingat, keputusan yang lebih tinggi adalah hak politik, yang lebih tinggi daripada kesepakatan,” tuturnya.

“Bagi komisioner KPU, nilai sajalah sendiri. Setelah berkas kami diterima oleh KPU, jangan sampai karena adanya kesepakatan, salah satu pasangan calon dicekal. Ini namanya mematikan demokrasi secara tidak langsung. Ingat, Bung, ini bukan kerajaan Jawa,” ucap Pandong dengan nada pedas.

“Di sini, kami menuntut hak kami sebagai warga negara. KPU harus kooperatif, termasuk membuka akses Silon di KPU. KPU harus bijak dalam menangani persoalan ini dan tidak boleh bertindak berdasarkan telepon masuk untuk memboikot salah satu calon,” tukasnya

Sementara itu, pasangan calon Adi Gunawan dan Romi Siska Putra menegaskan serta meminta kepada semua pihak untuk membiarkan pesta demokrasi ini berjalan dengan baik. “Dengan demikian, kita dapat menjadi contoh bagi daerah lain di Sumbar,” pinta Adi, sembari didampingi oleh Romi.

Baca juga :  Tabrak Truk Engkel, Pengendara Motor di Lubeg Tewas

Namun, jika tidak ada peluang, mengapa KPU harus membuka serta memperpanjang pendaftaran? Ini hanya akan mengganggu kepentingan politik. Dia juga mengingatkan semua pendukung, “Setibanya nanti di KPU, jangan sampai emosi, jangan bertindak anarkis, dan kita harus sabar,” katanya kepada tim sukses.

Di KPU Dharmasraya, pasangan calon Adi Gunawan dan Romi Siska disambut oleh sekretaris KPU yang memasangkan selendang kepada mereka. Setelah mengisi daftar hadir, pasangan tersebut menuju ruangan KPU untuk menyerahkan berkas pencalonan yang kemudian diproses oleh KPU.

Sementara itu, ratusan tim sukses yang mengantarkan Adi Gunawan dan Romi masih menunggu di luar. (SP)