Bupati Epyardi Asda Pimpin Upacara HUT RI ke-79 Kabupaten Solok di Alahan Panjang

Arosukapost.com, Alahan Panjang – Upacara Peringatan Homen Sejarah! HUT RI ke-79 di Kabupaten Solok pada Sabtu, 17 Agustus 2024, berlangsung khidmat dan penuh semangat di Lapangan Utama Alahan Panjang Resort. Di tengah keindahan alam dan udara sejuk, bendera Merah Putih berkibar gagah, menyimbolkan semangat kemerdekaan yang tak pernah padam.

Hadir dalam upacara ini Bupati Solok, Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar Dt Sutan Majo Lelo, bersama Forkopimda, Pimpinan DPRD, Sekretaris Daerah Medison, S.Sos, M.Si, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP, serta para pejabat daerah dan tokoh masyarakat lainnya. Tidak ketinggalan pula tokoh-tokoh masyarakat, pejuang veteran, para pelajar, dan mahasiswa yang turut serta menyaksikan detik-detik bersejarah ini.

Bupati Solok bertindak sebagai Inspektur Upacara, dengan petugas lainnya antara lain Kapten Korps Zeni John Eeicksen sebagai Perwira Upacara dan Lettu Infanteri Byoraja Haloho sebagai Komandan Upacara. Teks Proklamasi dibacakan oleh Pimpinan Sementara DPRD Kabupaten Solok, Ivoni Munir, S.Farm, Apt, sementara doa dipanjatkan oleh Khairunnas, S.Ag dari Kemenag Kabupaten Solok.

Prosesi kenaikan bendera yang dipimpin oleh Fahrel Juliandra dari SMAN 1 Payung Sekaki berlangsung sukses dan lancar, diiringi oleh Korsik dari Siswa SMAN 1 Lembah Gumanti.

Bupati Solok, dalam sambutannya, mengajak seluruh masyarakat untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan bangsa.

“Alhamdulillah, kita telah berhasil menaikkan bendera Merah Putih pada momentum peringatan HUT RI ke-79 Tahun 2024 ini. Mari kita hayati dan resapi kembali perjuangan para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan bangsa kita,” ucap Bupati Solok, Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar Dt Sutan Majo Lelo.

Baca juga :  AKUMANDIRI Kota Solok Gandeng Pemko Solok untuk Hal Ini

Beliau juga menegaskan bahwa semangat para pahlawan harus terus dilanjutkan dalam membangun Kabupaten Solok.

“Saya selaku Bupati Solok mengajak kita semua untuk melanjutkan semangat perjuangan para pahlawan kita. Di bawah naungan Solok Super Team, mari kita bertekad mewujudkan cita-cita Kabupaten Solok yang terbaik di Sumatera Barat,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Solok menyampaikan rasa syukur atas berbagai pencapaian selama masa kepemimpinannya. Namun, beliau juga mengingatkan bahwa masih banyak yang harus dilakukan untuk mencapai cita-cita dan mensejahterakan masyarakat.

“Sudah hampir empat tahun kita bersama. Sudah banyak hal yang kita raih dan capai untuk menjadi yang terbaik, namun tentu masih banyak yang perlu kita lakukan dan benahi untuk mewujudkan cita-cita dan mensejahterakan masyarakat kita di Kabupaten Solok,” jelasnya.

Setelah prosesi upacara, acara dilanjutkan dengan penyerahan remisi umum dari Lembaga Permasyarakatan Kelas III Alahan Panjang kepada warga binaan pemasyarakatan. Penyerahan ini menjadi wujud kepedulian pemerintah terhadap warga binaan, memberi mereka kesempatan untuk memulai hidup baru dengan semangat yang lebih baik.

Tak hanya itu, Bupati Solok juga menyerahkan sejumlah kendaraan khusus ambulans dari Dinas Kesehatan kepada beberapa puskesmas di Kabupaten Solok.

Puskesmas yang menerima ambulans tersebut antara lain Puskesmas Singkarak, Talang, Muara Panas, Talang Babungo, Simpang Tanjung Nan IV, dan Kayu Jao. Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan di daerah tersebut.

Selain ambulans, kendaraan khusus Puskesmas Keliling Transportasi Roda 4 juga diserahkan kepada Puskesmas Surian, Alahan Panjang, Batubajanjang, Sungai Lasi, Paninjauan, dan Sungai Nanam.

Kendaraan ini akan membantu puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan yang lebih cepat dan efisien kepada masyarakat di pelosok daerah.

Baca juga :  Wow! Program Ekskavator Terjadi Penghematan APBD Kabupaten Solok Hingga 65 Miliar

Tidak hanya roda 4, kendaraan Puskesmas Keliling Transportasi Roda 2 juga diberikan kepada berbagai puskesmas seperti Sirukam, Sulit Air, Paninggahan, Selayo, Tanjung Bingkung, Jua Gaek, Kayu Jao, Batubajanjang, Surian, Bukit Sileh, Simpang Tanjung Nan IV, Talang, dan Muara Panas.

Bantuan ini akan memperkuat mobilitas tenaga kesehatan dalam menjangkau masyarakat yang membutuhkan layanan medis.

Pada kesempatan itu juga, penghargaan diberikan kepada tenaga kesehatan teladan tingkat nasional tahun 2024 atas nama Roza Nofrina, A.Md, Kep.

Tenaga kesehatan teladan tingkat Kabupaten Solok juga mendapat penghargaan, antara lain Roza Nofrina (Juara 1), Elza Fajriani (Juara 2), Ns. Friska Ladio Zonedy (Juara 3), serta Kasliyani Rahmaningsih, Rini Wulan Sari, dan dr. Dani Bangun Sakti Hasibuan sebagai penerima penghargaan Harapan.

Rafika Fitri dari Posyandu Sayang Bunda Nagari Koto Sani Kecamatan X Koto Singkarak juga memperoleh penghargaan sebagai Kader Posyandu Terbaik Tingkat Nasional, menunjukkan prestasi luar biasa dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Acara berlanjut dengan penyerahan kendaraan dinas roda 2 dari Dinas Sosial Kabupaten Solok kepada 14 orang Tenaga Kesejahteraan Sosial (TKSK), yang diharapkan dapat membantu mereka dalam menjalankan tugas sosial di tengah masyarakat.

Sebagai penutup, Bank Nagari menyerahkan dividen sebesar Rp. 9.048.840.764 kepada Pemerintah Kabupaten Solok. Selain itu, bantuan pendidikan sebesar Rp. 110 juta diberikan kepada 110 siswa SMP di Kabupaten Solok, menandakan komitmen pemerintah dalam mendukung pendidikan generasi muda daerah.

Momentum peringatan HUT RI ke-79 ini menjadi ajang untuk mengapresiasi para pahlawan, sekaligus memperkuat komitmen bersama dalam membangun Kabupaten Solok yang lebih maju, sejahtera, dan berdaya saing. (end)