Baznas Dharmasraya Launching Program Gemar Berinfaq Untuk Siswa SD, SMP Se-Kecamatan Tiumang

Arosukapost.com. – Dharmasraya, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Dharmasraya terus melakukan berbagai inovasi dalam upaya peningkatan pengumpulan zakat infak dan sedekah di tengah masyarakat.

Ketua Baznas Z . Lubis ,S.Pd mengatakan Rabu (14/08/2024) mengatakan ” Alhamdulillah” kali ini sebuah program bertajuk “Gemar Berinfak” diperkenalkan kepada anak usia dini yakni siswa Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumbar.

Di katakan Z.Lubis bahwa program tersebut merupakan salah satu upaya peningkatan pengumpulan infak sedekah untuk Baznas. Selain itu, juga sebagai wahana edukasi bagi para anak didik dengan tujuan membiasakan diri dari usia dini untuk gemar berinfak atau bersedekah,”ajaknya.

Baca juga :  Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Peningkatan Pelayanan Kepemudaan Jadi Sorotan

Waka I bagian pengumpulan zakat, infaq dan sedekah Ridwan Syarif menyebutkan di sela-sela kegiatan louncing program Gemar Berinfak di SD Negeri 01 Tiumang.
Dalam kesempatan juga terlihat hadir dari Dinas Pendidikan, Kepala sekolah SD, SMP Se-Kecamatan Tiumang serta majelis guru dan perwakilan wali murid.

Saat itu, Ridwan Syarif menerangkan lebih rinci terkait dengan program Gemar Berinfak sebenarnya sangat sederhana sekali, siswa dibekali dengan sebuah celengan dan ditaruh di rumah masing-masing. Saat ada sisa uang belanja, jajan dengan kesadaran sendiri dan keikhlasan masukkan ke dalam celengan yang sudah diberikan Baznas,” timpalnya.

Selanjutnya “Selang dua, tiga bulan nanti infak sedekah dikumpul oleh Da’i Baznas yang ada di kecamatan kemudian diserahkan ke kantor Baznas. Dan 50 persen dana infak sedekah ini, akan dikembalikan ke sekolah dalam bentuk program sosial bagi siswa di sekolah tersebut, maupun di lingkungannya,” ucapnya.

Baca juga :  Jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Pertanian Sijunjung Pastikan Stok Ternak Aman dari PMK

Ditambahkan Ridwan bahwa program ini, merupakan sebuah pembelajaran luar sekolah, mendidik siswa agar suka dan gemar berinfak maupun bersedekah. Di luar itu juga memupuk sikap peduli keluarga, orang tua siswa untuk gemar berinfak melalui program yang digagas Baznas ini.
“Tidak boleh ada pemaksaan terhadap siswa, dan infak sedekah inipun tidak pula di kelola oleh sekolah, sekolah hanya pendamping program. (SP)