Kota Solok Tingkatkan Efisiensi Pelayanan Publik dengan Teknologi Informasi melalui Inisiatif Smart City

Arosukapost.com – Solok, Di era kemajuan teknologi informasi yang tidak bisa dihindari, Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar, menyatakan bahwa pemanfaatan teknologi dapat menyederhanakan sistem birokrasi sehingga pelayanan publik menjadi lebih efektif dan efisien. Pernyataan ini disampaikan Wako Zul Elfian pada Senin (07/08/24).

“Kita memfasilitasi kemudahan teknologi sebagai implementasi Smart City di Kota Solok. Pelayanan publik yang biasanya membutuhkan waktu lama akan dipercepat dengan memanfaatkan berbagai aplikasi berbasis teknologi,” ujar Zul Elfian.

Sebagai wujud nyata dari komitmen tersebut, Pemerintah Kota Solok telah meluncurkan sebuah inovasi teknologi berupa aplikasi “Lapor Pemko Solok”. Aplikasi ini memungkinkan masyarakat untuk menyampaikan keluhan, masukan, dan saran terkait pembangunan serta pelayanan publik hanya dengan menggunakan smartphone.

Baca juga :  Bupati Merangin Kunjungi Pemerintah Kota Solok, Berikut Tujuannya

Masyarakat Kota Solok kini memiliki ruang yang lebih luas untuk berpartisipasi aktif dalam mengawal pembangunan daerah dan sistem pelayanan melalui aplikasi ini.

“Dengan hadirnya aplikasi ini, kita berharap masyarakat dapat berkontribusi dan mengawasi pembangunan serta pelayanan publik dengan lebih mudah. Keluhan dan masukan yang diterima akan segera ditindaklanjuti oleh Pemko,” tambahnya.

Aplikasi “Lapor Pemko Solok” diharapkan dapat mempercepat respons pemerintah terhadap berbagai masalah di tengah masyarakat, sehingga tercipta pelayanan yang lebih responsif dan memuaskan. Inovasi ini merupakan bagian dari langkah strategis Kota Solok dalam menerapkan konsep Smart City, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Baca juga :  Sempat Buron, Satu Lagi Tersangka Pembacokan dengan Samurai di Padang Ditangkap

Dengan perkembangan ini, Kota Solok diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam hal pemanfaatan teknologi untuk pelayanan publik. Inisiatif seperti ini bukan hanya mempercepat proses birokrasi, tetapi juga meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemerintah daerah.

Melalui aplikasi Lapor Pemko Solok, semua harapan, masukan, dan keluhan dapat tertangani dengan lebih cepat dan tepat, mengarah pada pembangunan yang lebih baik dan pelayanan publik yang optimal di Kota Solok. (end)