Orientasi Keterampilan Dasar Kader Posyandu Kecamatan Kubung Tahun 2024

Arosukapost.com – Kecamatan Kubung, 31 Juli 2024, Pemerintah Kabupaten Solok mengadakan Orientasi Keterampilan Dasar Kader Posyandu tahun 2024 di Mesjid Agung Darussalam Islamic Center Koto Baru.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak penting, termasuk Bupati Solok yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, drg. Muswir Yones Indra, MM, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP, kepala OPD, Forkopimcam, Camat Kubung Acil Fasra, SIP, MM, Kepala Dinas Kesehatan beserta jajarannya, dan kader posyandu se-Kecamatan Kubung.

Laporan disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili oleh Kabid Kesmas Dinkes Kab. Solok, Darniyeti Elfita, SKM, MKM.

“Dalam meningkatkan kualitas kesehatan di Kabupaten Solok perlu dilakukan sosialisasi maupun orientasi bagi para kader posyandu di Kabupaten Solok,” ujar Darniyeti.

Baca juga :  Penilaian Kampung Keluarga Berkualitas Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2024

Dia menambahkan bahwa sasaran posyandu kini telah meliputi seluruh siklus kehidupan, tidak hanya terbatas pada ibu hamil, menyusui, dan balita. Orientasi ini diikuti oleh seluruh kader posyandu di Kecamatan Kubung, yaitu 260 kader dari Puskesmas Selayo dan 105 kader dari Puskesmas Tanjung Bingkung, dengan total 365 peserta.

Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok, Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP, menekankan pentingnya peran kader posyandu dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

“Kader Posyandu merupakan kader kesehatan yang bertugas untuk membantu meningkatkan kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya. Harapan kita melalui kegiatan ini para kader posyandu dapat memfasilitasi pelayanan bagi para ibu hamil dan menyusui, batita, balita, anak-anak, remaja, usia produktif dan lansia,” kata Ny. Emiko.

Baca juga :  Maknai Idul Adha, Athari Laksanakan Kurban di Berbagai Kota Dan Kabupaten

Staf Ahli Bupati Solok, drg. Muswir Yones Indra, MM, yang mewakili Bupati Solok, juga memberikan apresiasi kepada para kader.

“Kami atas nama pimpinan daerah mengucapkan terimakasih atas upaya dan kerja keras para kader dalam upayanya membantu menyampaikan penyuluhan tentang permasalahan kesehatan, mempromosikan kesehatan dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan,” ucapnya.

Ia juga menekankan pentingnya silaturahmi dan orientasi ini untuk mengupdate ilmu demi peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

Acara ini diakhiri dengan penyerahan seragam kader posyandu oleh Bupati Solok yang diwakili oleh drg. Muswir Yones Indra, MM, dan Ketua TP-PKK Kabupaten Solok kepada para kader posyandu di Kecamatan Kubung.

Para kader diharapkan dapat lebih termotivasi dan siap untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat. (end)