Penerapan Smart Farming di Papua Selatan: Jokowi Tinjau Simulasi Penggunaan Drone untuk Pemupukan

Arosukapost.com – Merauke, 23 Juli 2024, Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana Joko Widodo meninjau simulasi penggunaan pesawat nirawak atau drone dalam proses pemupukan di Desa Telaga Sari, Distrik Kurik, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan.

Simulasi ini merupakan bagian dari penerapan konsep pertanian pintar (smart farming) yang diharapkan dapat membawa perubahan signifikan dalam dunia pertanian Indonesia.

“Simulasi ini adalah contoh penerapan konsep pertanian pintar (smart farming),” kata Presiden Jokowi.

Baca juga :  Indonesia dan Selandia Baru Perkuat Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan di Pasifik

“Selain pengendalian jarak jauh, smart farming memudahkan petani untuk memantau suhu udara, curah hujan, kelembapan, arah angin, kecepatan angin, sinar matahari, dan fluktuasi lainnya sehingga petani dapat meningkatkan kualitas dan kapasitas produksi.” tambah Presiden.

Penerapan teknologi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pertanian, terutama dalam hal pemupukan. Dengan teknologi drone, pemupukan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan merata, mengurangi tenaga kerja manual yang diperlukan.

Baca juga :  Presiden Joko Widodo Menunaikan Salat Tarawih Bersama Staf dan Masyarakat di Masjid Baitussalam

“Pemerintah pusat akan terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan petani dalam upaya mempercepat pemanfaatan teknologi untuk mengatasi tantangan pertanian di Papua Selatan,” tutup Jokowi.

Acara tersebut berlangsung di atas lahan sawah seluas 40.000 hektare, menandai langkah besar dalam transformasi sektor pertanian di wilayah ini.

Pemerintah berharap bahwa dengan adopsi teknologi ini, produktivitas pertanian dapat meningkat secara signifikan, membawa manfaat ekonomi bagi petani lokal dan kontribusi besar bagi ketahanan pangan nasional.(end)