Orientasi Keterampilan Dasar Kader Posyandu dan Kader KB Nagari Sirukam Bersama Ketua TP-PKK Kab Solok

Arosukapost.com – Sirukam, Acara orientasi keterampilan dasar bagi kader Posyandu dan kader KB Nagari Sirukam diadakan di Gedung Pertemuan Nagari Sirukam. Pada Sabtu 20 Juli 2024.

Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Ketua TP-PKK Kabupaten Solok, Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP, Kepala OPD Lingkup Pem Kab Solok, Camat Payung Sekaki Alkamra Adlis, SH, MM, serta Ketua TP-PKK Kecamatan Payung Sekaki. Selain itu, hadir juga Forkopincam Kecamatan Payung Sekaki, Wali Nagari Sirukam Romi Febriandi, S.Pd, Ketua TP-PKK Nagari Sirukam, Ketua KAN, Ketua BPN Nagari Sirukam, Bundo Kanduang Nagari Sirukam, kader Posyandu dan kader KB Nagari Sirukam, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sekapur sirih yang disampaikan oleh Wali Nagari Sirukam, Romi Febriandi, S.Pd, beliau memohon maaf kepada Ketua TP-PKK Kabupaten Solok jika ada kekurangan dalam penyambutan dan pelayanan.

“Kami selaku tuan rumah memohon maaf kepada Ibu Ketua TP-PKK Kab Solok jika ada kekurangan baik itu dalam penyambutan maupun dalam pelayanan,” ujarnya.

Beliau juga berharap agar kegiatan tersebut berjalan dengan baik dari awal hingga akhir serta mendapat ridho Allah SWT.

“Mudah-mudahan kegiatan kita ini bisa berjalan baik dari awal sampai akhir serta mendapat ridho Allah SWT hendaknya,” tambahnya.

Lebih lanjut, Wali Nagari Sirukam menyampaikan harapan dari seluruh kader Nagari Sirukam untuk mendapatkan arahan dan petunjuk dari Ketua TP-PKK Kabupaten Solok dalam melaksanakan tugas sebagai kader posyandu dan kader KB.

Baca juga :  Wapres Ma’ruf Amin Puji Komitmen Pemprov Sumbar

“Kami mewakili seluruh kader Nagari Sirukam sangat mengharapkan arahan serta petunjuk dari Ibu Ketua TP-PKK Kab Solok dalam melaksanakan tugas sebagai kader posyandu dan kader KB,” tutup Romi Febriandi, S.Pd.

Pada acara orientasi keterampilan dasar bagi kader Posyandu dan kader KB Nagari Sirukam, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok, Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP, menyampaikan sambutan dan arahan yang penuh inspirasi.

Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan kader Nagari Sirukam yang telah memberikan kesempatan untuk dapat bergabung dan bertemu langsung pada kegiatan tersebut.

“Kader posyandu adalah anggota masyarakat yang diberikan keterampilan melakukan penyuluhan tentang pola asuh balita agar anak tumbuh sehat, aktif, dan cerdas. Kader posyandu juga berperan sebagai penggerak dan penyuluh kesehatan masyarakat, sehingga masyarakat tahu, mau, dan mampu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam mewujudkan keluarga sehat,” ujar Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP.

Beliau menekankan pentingnya peran Posyandu dalam upaya penurunan stunting di Kabupaten Solok.

“Kegiatan Posyandu sangat berperan penting dalam upaya penurunan stunting di Kabupaten Solok. Melalui Posyandu, kita bisa mengidentifikasi anak yang berisiko stunting, memberikan edukasi tentang stunting, dan memberikan langkah pencegahan kepada ibu hamil dan menyusui,” tambahnya.

Ketua TP-PKK Kabupaten Solok juga menyampaikan bahwa dukungan dari kader Posyandu sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah stunting dan memutus rantai penyakit di masyarakat.

Baca juga :  Ratusan Anggota Jaringan NII di Dharmasraya Ucap Sumpah Setia NKRI

“Kami selaku Ketua TP-PKK sangat membutuhkan uluran tangan dari ibu-ibu kader Posyandu agar lebih semangat lagi untuk terjun langsung ke masyarakat guna mengantisipasi stunting serta memutus rantai penyakit di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya dengan penuh harap.

Ia berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan motivasi khusus bagi seluruh kader Posyandu untuk bekerja lebih giat lagi.

“Mudah-mudahan dengan diadakannya kegiatan ini bisa memberikan kesan khusus bagi seluruh kader Posyandu untuk bekerja lebih giat lagi,” tutup Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP.

Pemerintah Kabupaten Solok melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) mengadakan program pemberian susu serta vitamin untuk pencegahan stunting pada balita.

Selain itu, Dinas Sosial Kabupaten Solok juga memberikan bantuan bagi lansia kurang mampu serta anak kurang mampu atau fakir miskin. Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Solok, Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP.

Program ini merupakan bagian dari upaya Pemkab Solok dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya kelompok rentan seperti balita dan lansia.

Penyerahan simbolis dilakukan di Gedung Pertemuan Nagari Sirukam pada acara orientasi keterampilan dasar bagi kader Posyandu dan kader KB Nagari Sirukam.

Dalam sambutannya, Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP, menyampaikan pentingnya perhatian terhadap kesehatan balita untuk mencegah stunting, serta kepedulian terhadap lansia dan anak-anak kurang mampu. (Leeyork)