Genjot Ekonomi Lokal! DKUKMPP Solok Beri Pelatihan Olahan Makanan Bagi 20 Pelaku UKM

Ketua Dekranasda Kabupaten Solok Ny. Emiko Epiyardi Asda, SP, menyampaikan kata sambutan dan membuka acara (dok foto/Ito)
Ketua Dekranasda Kabupaten Solok Ny. Emiko Epiyardi Asda, SP, menyampaikan kata sambutan dan membuka acara (dok foto/Ito)

Arosukapost.com – Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Kabupaten Solok mengadakan Pelatihan Olahan Makanan Bagi Pelaku UKM Se-Kab Solok Tahun 2024 di Dermaga Singkarak, Jumat (12/7/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi pelaku UKM dalam mengolah makanan, sehingga dapat meningkatkan daya jual dan daya saing produk mereka.

Ketua Dekranasda Kab. Solok Ny. Emiko Epiyardi Asda Foto bersama
Ketua Dekranasda Kab. Solok Ny. Emiko Epiyardi Asda Foto bersama

Acara ini dihadiri oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Solok Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, Sp, Kepala DKUKMPP Ahpi Gusta Tusri, S.STP, M.Si, Kepala OPD, Kepala Bidang UKM Helvi Yulati, SH, Camat X Koto Singkarak Chrismon Darma. S.STP, Wali Nagari Singkarak Rahman S.Pd, dan narasumber Chef Hotel Axana Padang Amin.

Baca juga :  Harga Tomat Anjlok dan Jalan Macet Paksa Petani Solok Buang Hasil Panen, Bupati Cari Solusi dengan Industri

Dalam sambutannya, Kepala DKUKMPP Ahpi Gusta Tusri menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan salah satu program unggulan DKUKMPP untuk membantu pelaku UKM meningkatkan kualitas produk mereka.

“Pelatihan ini diharapkan dapat membantu pelaku UKM untuk menghasilkan produk olahan makanan yang lebih kreatif, menarik, dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi,” jelas Ahpi.

Ketua Dekranasda Kab. Solok Ny. Emiko Epiyardi Asda dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Solok.

“Kreatifitas merupakan nilai tambah dalam meningkatkan nilai jual produk olahan makanan,” ujar Ny. Emiko.

Baca juga :  Paslon AG dan Romi Laporkan Kekecewaan ke Bawaslu

Pelatihan ini diikuti oleh 20 orang pelaku UKM dan berlangsung selama 1 hari. Para peserta mendapatkan materi tentang berbagai teknik pengolahan makanan, desain kemasan, dan standarisasi usaha kuliner.

Narasumber pada pelatihan ini yaitu Ketua Dekranasda Kab. Solok, Kepala Dinas DKUKMPP, Tenaga Ahli Desain Kemasan, dan chef hotel Axana Padang.

Diharapkan dengan mengikuti pelatihan ini, para pelaku UKM dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam mengolah makanan, sehingga dapat menghasilkan produk yang lebih berkualitas dan berdaya saing. Hal ini pada akhirnya akan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Solok. (Ito)