Banjir Mengintai! DLH Solok Lakukan Aksi Bersih-Bersih Saluran Air

Petugas DLH Kota Solok melaksanakan pembersihan selokan
Petugas DLH Kota Solok melaksanakan pembersihan selokan

Arosukapost.com – Memasuki musim penghujan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solok bergerak cepat untuk mengantisipasi genangan air dan banjir. Petugas DLH membersihkan saluran air di dekat komplek perumahan Pincuran Makmur, Kelurahan Tanah Garam pada hari Senin (8/7/2024).

Menurut Edrizal, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok, banyak saluran drainase di Kota Solok yang tidak berfungsi dengan baik, salah satunya di dekat komplek perumahan Pincuran Makmur. Hal ini menyebabkan penumpukan lumpur dan tanah, serta sampah, yang dapat menghambat laju air dan berakibat banjir.

Petugas DLH mengangkat sampah, lumpur, dan gulma yang menumpuk di dalam saluran air. Lumpur yang telah mencapai ketebalan 15 hingga 20 cm ini dikhawatirkan akan semakin memperparah genangan air jika tidak segera dibersihkan.

Edrizal menghimbau masyarakat untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, terutama ke dalam saluran air. Pembersihan saluran air secara berkala juga perlu dilakukan agar saluran air berfungsi dengan baik dan terhindar dari genangan air dan banjir.

Baca juga :  Wali Kota Solok Tinjau Stadion H. Marah Adin: Akses Masuk Jadi Prioritas

“Mari kita jaga kebersihan lingkungan bersama-sama. Buanglah sampah pada tempatnya dan jangan buang sampah ke dalam saluran air. Dengan menjaga kebersihan, kita dapat mencegah banjir dan menciptakan lingkungan yang sehat,” pungkas Edrizal. (Ito)