Indonesia Menyongsong Bonus Demografi: Persiapan Menuju Indonesia Emas

Arosukapost.com – Jakarta, 11 Juni 2024 – Indonesia berada di ambang sebuah era yang menjanjikan, bonus demografi, yang akan terjadi antara tahun 2030 hingga 2040. Ini adalah periode ketika jumlah penduduk usia produktif akan lebih besar dibandingkan dengan usia tidak produktif, memberikan potensi besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Presiden Joko Widodo telah menekankan pentingnya memanfaatkan bonus demografi ini sebagai peluang untuk meraih ‘Indonesia Emas’ pada tahun 2045, dengan 68% penduduknya berada di usia produktif.

Namun, tantangan yang dihadapi adalah memastikan bahwa sumber daya manusia yang melimpah ini memiliki kualitas pendidikan dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja masa depan.

Baca juga :  Kota Padang Rencanakan Pemberhentian Impor Sapi, Ini Penyebabnya

Dalam konteks ini, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) memegang peranan penting. Sebagai wadah generasi digital yang dinamis, HIPMI diharapkan dapat mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang yang muncul dari perubahan lanskap bisnis dan ekonomi akibat disrupsi teknologi.

Dengan pengalaman lebih dari lima dekade, HIPMI memiliki fondasi yang kuat untuk berinovasi dan bersaing di kancah lokal maupun global.

Baca juga :  Wacana Tiket Taman Nasional Komodo Rp3,7 Juta, Menparekraf Sandiaga: Butuh Pembatasan Pengunjung

Pada perayaan ulang tahunnya yang ke-52, yang berlangsung di Hotel Fairmont Jakarta pada senin 10 juni 2024, Presiden Jokowi mengumumkan penetapan Hari Kewirausahaan Nasional, yang bertepatan dengan hari jadi HIPMI setiap 10 Juni.

“Selamat Mengawal Indonesia Maju. Menuju Indonesia Emas,” ujar Presiden dalam sambutannya, menegaskan komitmennya terhadap pengembangan kewirausahaan di Indonesia.

Selamat Ulang Tahun ke-52, HIPMI. Semoga semangat kewirausahaan dan inovasi terus berkobar untuk membawa Indonesia mencapai kemakmuran dan kejayaan di masa depan. (end)