Sumbar  

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional dan Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Solok

Arosukapost.com – Solok, 4 Juni 2024 – Sekretaris Daerah Medison S.Sos, M.Si memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional dan Hari Lahir Pancasila di halaman Kantor Bupati Solok. Dalam sambutannya, Sekda Medison menyampaikan pesan Menkominfo RI dan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI.

Lebih dari seabad yang lalu, pada 20 Mei 1908, organisasi Boedi Oetomo didirikan, menandai awal dari Kebangkitan Nasional Indonesia12. Organisasi ini, yang didirikan oleh para pelajar STOVIA dengan dorongan dari Dr. Wahidin Sudirohusodo, menjadi simbol persatuan dan nasionalisme di kalangan masyarakat Indonesia.

Hari ini, kita juga memperingati Hari Lahir Pancasila, yang mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045″34. Tema ini menekankan bahwa Pancasila sebagai dasar negara, mengikat keberagaman suku, agama, budaya, dan bahasa Indonesia dalam satu kesatuan untuk mencapai visi Indonesia Emas pada tahun 2045, ungkap Medison.

Sekda Medison menambahkan, “Pancasila bukan hanya sekedar ideologi, tetapi juga jiwa yang mempersatukan kita semua. Dengan semangat Pancasila, kita bergerak bersama menuju Indonesia yang maju, mandiri, dan berdaulat.”

Peringatan ini menjadi momen refleksi bagi kita semua untuk mengingat kembali perjuangan para pendahulu bangsa dan menghidupkan kembali nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Dengan mengedepankan nilai-nilai tersebut, ini dapat memastikan bahwa Indonesia akan terus berkembang dan berkontribusi secara signifikan di kancah global.

Baca juga :  Bupati Solok Serahkan 177 Unit Alsintan untuk Kelompok Tani

“Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” merupakan tema yang mengajak kita semua untuk bersatu padu dalam membangun bangsa yang lebih baik. Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong, Indonesia Emas 2045 bukan hanya sebuah impian, tetapi akan menjadi kenyataan yang dapat kita raih bersama.Tutup Sekretaris Daerah Medison S.Sos. (end)