Prabowo: Indonesia Siap Kirim Pasukan Penjaga Perdamaian ke Gaza

Arosukapost.com – Menteri Pertahanan dan Presiden terpilih Prabowo Subianto berbicara dalam forum pertahanan dunia Shangri-La Dialogue di Singapura pada hari Senin 2 Juni 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo menyatakan bahwa Indonesia bersedia mengirimkan pasukan penjaga perdamaian untuk menegakkan gencatan senjata di Gaza jika diperlukan.

Menhan Prabowo mendorong gencatan senjata antara Palestina dan Israel serta mendukung upaya yang dapat mempercepat solusi dua negara, termasuk proposal damai yang baru diajukan oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Baca juga :  Presiden Jokowi Tindak Lanjuti Rencana Investasi Air Products Sebesar USD15 Miliar

Prabowo juga menegaskan komitmen Indonesia untuk membantu dalam bantuan kemanusiaan. Jika diminta oleh PBB, Indonesia siap menyumbangkan pasukan penjaga perdamaian yang signifikan untuk menjaga dan memantau gencatan senjata yang prospektif ini.

Selain itu, Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan Prabowo untuk mengumumkan bahwa Indonesia juga siap mengevakuasi, menerima, dan merawat hingga 1.000 pasien dari Gaza.

Baca juga :  Muhammad Akbar Supratman Terpilih sebagai Pimpinan MPR dari Unsur DPD

Prabowo menyoroti perlunya penyelidikan komprehensif terhadap bencana kemanusiaan di daerah Rafah, Gaza. Dia menyerukan solusi yang adil untuk situasi di Palestina, di mana hak rakyat Palestina untuk memiliki tanah air mereka sendiri dan hidup dalam damai harus diakui. (end)