Sumbar  

BPS Solok Lakukan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral 2024

Arosukapost.com – Kota solok– Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Solok bersama Tim Penilai Internal (TPI) dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) melakukan koordinasi dan evaluasi pengumpulan bukti dukung Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa (22/5/24) di kantor BPS Kota Solok.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral di lingkungan Pemerintah Kota Solok. EPSS merupakan proses penilaian secara sistematis untuk mengukur tingkat kematangan penyelenggaraan statistik sektoral.

Tahun ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) pertama kali mengikuti EPSS. Oleh karena itu, perlu dilakukan pendampingan dalam pemenuhan kebutuhan dokumen dan pengisian aplikasi SIMBATIK sesuai dengan matriks penilaian EPSS 2024.

Statistisi Ahli Muda BPS Kota Solok, Eko Kurniawan, menyampaikan bahwa identifikasi per indikator diperlukan untuk menyiapkan dokumen pendukung yang sesuai dengan dokumen yang sudah ada di OPD.

Baca juga :  Kapolsek IV Nagari Kontrol Pasar Ternak Hewan Palangki

“BPS sebagai pembina data statistik akan terus menerus berkolaborasi dan bersinergi dengan pemerintah daerah untuk mewujudkan predikat indeks hasil EPSS tahun 2024 yang baik,” tandas Eko.

EPSS 2024 merupakan bagian dari penilaian Reformasi Birokrasi General Pemerintah Daerah Kota Solok. Oleh karena itu, Tim Penilai Internal bersama Produsen Data harus bekerja sama untuk mencapai target yang telah ditetapkan. (Ito)