Sumbar  

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan Tanggap Bencana Banjir Bandang dan Galodo di Kabupaten Tanah Datar

Arosukapost.com – Tanah Datar, 13 Mei 2024 – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), telah mengambil langkah-langkah responsif dalam menghadapi bencana banjir bandang dan galodo yang melanda Kabupaten Tanah Datar.

Dengan aksi cepat tanggap, Sutan Riska langsung turun ke lokasi bencana untuk melihat kondisi terkini dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak. Kunjungan ini merupakan wujud nyata dari kepedulian dan tanggung jawab pemerintah terhadap warga yang mengalami kesulitan akibat bencana alam.

“Saya, atas nama pribadi dan Pemkab Dharmasraya, menyampaikan duka cita mendalam atas musibah banjir bandang dan galodo yang melanda Kabupaten Tanah Datar. Kami datang langsung ke lokasi untuk merasakan kesedihan yang dirasakan oleh masyarakat yang terkena bencana,” ujar Sutan Riska.

Baca juga :  Ditargetkan Turun 14 Persen, Gubernur Sumbar Kukuhkan Tim Percepatan Penurunan Stunting

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar telah menetapkan masa tanggap darurat selama 14 hari pasca-banjir bandang yang melanda Nagari Barulak, Kecamatan Tanjung Baru. Langkah ini diambil untuk memudahkan koordinasi dan penanganan bencana, serta mempercepat proses pemulihan dan rehabilitasi di daerah terdampak.

Bantuan awal telah disalurkan, termasuk 200 kaleng daging olahan siap saji yang diserahkan di rumah tahfiz Al Qur’an Sarumpun Jaya Sakato. Ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam memberikan dukungan yang cepat dan tepat kepada korban bencana.

Pemerintah dan APKASI berharap bahwa dengan aksi tanggap darurat ini, masyarakat yang terdampak dapat segera mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan dan dapat kembali ke kehidupan normal mereka secepat mungkin.

Baca juga :  Silahturahmi Edisar, SH,MH dengan Zalmi Dt Gadang: Cupak Siap Mendukung Pemimpin Berkualitas untuk Kabupaten Solok

Tentang Kerusakan dan Dampak: Banjir bandang telah menyebabkan kerusakan signifikan, termasuk 27 unit rumah, dua mushala, dan puluhan hektare lahan pertanian yang terdampak di Nagari Barulak.

Pemerintah setempat, bersama dengan tim pemulihan bencana, terus bekerja keras untuk mendata kerugian dan memulihkan infrastruktur yang rusak.

Bupati Sutan Riska juga mengimbau warga untuk tidak panik dan tetap waspada terhadap potensi bencana susulan.

“Kita tidak tahu kapan bencana akan terjadi, oleh karena itu tetap berhati-hati, dan selalu jaga kesehatan,” pesannya.

Kunjungan Bupati Dharmasraya ini menegaskan bahwa pemerintah hadir untuk mendukung dan membantu masyarakat di tengah kesulitan yang dihadapi akibat bencana alam. (Ly)