Sumbar  

Kemacetan Menjelang Lebaran di Kota Solok: Kondusif Meski Pengunjung Meningkat

Arosukapost.com – Solok, Selasa 9 April 2024, Menjelang hari raya Lebaran, Kota Solok mengalami peningkatan jumlah pengunjung yang signifikan. Warga berbondong-bondong memenuhi pusat perbelanjaan untuk mempersiapkan kebutuhan hari besar tersebut. Meskipun beberapa titik kemacetan terpantau, situasi lalu lintas masih tetap kondusif.

Pantauan Arosukapost, aktivitas belanja masyarakat meningkat tajam pada malam hari, dimulai dari pukul 20:00 WIB hingga tengah malam. Toko-toko dan pedagang kaki lima melaporkan penjualan yang meningkat, dengan barang-barang seperti pakaian, makanan, dan dekorasi menjadi item yang paling banyak dicari.

Kepadatan terjadi di beberapa titik utama, seperti di depan pasar tradisional dan pusat perbelanjaan modern. Namun, berkat kerja keras petugas kepolisian dan dinas terkait, tidak ada laporan insiden yang mengkhawatirkan.

Salah satu warga, Ibu Saroh, mengungkapkan kegembiraannya, “Meskipun ramai, saya senang karena bisa mendapatkan semua yang saya butuhkan untuk Lebaran. Semua orang tampak sabar dan tertib.”

Pemerintah Kota Solok telah melakukan berbagai persiapan untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung ini. Selain penambahan personel keamanan, pihak berwenang juga telah mengoptimalkan sistem transportasi publik dan menyediakan area parkir tambahan.

Baca juga :  Gubernur dan Wagub Sumbar Sambut Kedatangan Ketum PBNU, Hingga Cerita Gempa Pasaman

Dengan koordinasi yang baik antara masyarakat dan pemerintah, diharapkan perayaan Lebaran tahun ini akan berlangsung lancar dan membawa kebahagiaan bagi semua.

Perayaan Lebaran di Kota Solok menjadi contoh bahwa dengan persiapan yang baik dan kerjasama yang erat antara masyarakat dan pemerintah, kemacetan dan peningkatan jumlah pengunjung dapat dikelola dengan baik, sehingga tidak mengurangi esensi dari hari raya itu sendiri.(Ly)