Sumbar  

Jawi Jawi Guguk, Kabupaten Solok Pukau Tim Verifikasi Kampung Keluarga Berkualitas

Arosukapost.com – Jawi Jawi Guguk, Solok, Selasa, 2 April 2024, Nagari Jawi Jawi Guguk, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok kedatangan tamu istimewa. Tim verifikasi dari Provinsi Sumatera Barat hadir untuk meninjau dan menilai Kampung Keluarga Berkualitas (KKB) di Los Jorong Balai Oli.

Acara diawali dengan penampilan memukau Indang Padusi Bintang Barat karya inovasi Nagari Jawi-Jawi. Keindahan alam nagari juga dipaparkan dengan apik oleh anak-anak SDN 22 dan SDN 11 Jawi-Jawi Guguk dalam bahasa Inggris, hasil dari program Nagari Inggirih Jawi-Jawi.

Ketua TP PKK Kabupaten Solok, Hj. Emiko Epyardi, Sp.OG, dalam sambutannya menyampaikan rasa bahagia dan terima kasih atas kedatangan tim verifikasi. “Kami semua bahagia sekali menyambut kedatangan bapak ibuk tim verifikasi lapangan di nagari kami,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Hj. Emiko Epyardi menjelaskan bahwa TP PKK Kabupaten Solok terus mendukung pelaksanaan KKB di seluruh wilayah. “Alhamdulillah, kami terus memberikan dukungan terhadap program ini demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga, dan masyarakat,” tambahnya.

Tim verifikasi yang dipimpin oleh Prof. Dr. Nurhasan Syah dari Universitas Negeri Padang (UNP) didampingi oleh Dina Febriyanti dari Biro Kesra Setda Prov. Sumbar, M. Syarifuddin dari DP3AP2KB Prov. Sumbar, Desra Perwakilan BKKBN Prov. Sumbar, dan Ramadhani Prov. Sumbar.

Baca juga :  Polsek Payung Sekaki Juga Lakukan Jumat Curhat

Prof. Dr. Nurhasan Syah menjelaskan bahwa KKB didefinisikan sebagai satuan wilayah setingkat desa yang mengintegrasikan dan mengkonvergensikan berbagai program untuk pemberdayaan dan penguatan keluarga. “Data menjadi sumber utama untuk memetakan kondisi wilayah dan merumuskan program yang tepat sasaran,” terangnya.

Pemaparan materi KKB disampaikan oleh Lasperman, Ketua Pokja Nagari Jawi Jawi. Ia memaparkan kisi-kisi nagari dan pemerintahannya, termasuk program-program yang telah dijalankan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Peninjauan lapangan meliputi bebepa lokasi, seperti Posyandu, Rumah Datar, dan kebun bibit keluarga. Tim verifikasi berdialog dengan masyarakat dan kader KKB untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam.

Hadir pula Asisten 1 Kabupaten Solok Syahrial yang mewakili Bupati Solok yang tak bisa hadir, Staf Ahli Kepala OPD, Kemenag Kab. Solok, BNN, Camat Gunung Talang, Pj Wali Nagari Jawi – Jawi Guguk, Tim Pengurus PKK Kab. Solok, BPN, KAN, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, Para Pemuda dan undangan lainnya.

Baca juga :  Sirukam, Nagari dengan Dua Kelarasan Lakukan Dokumentasi Pakaian Adat

Syahrial mengapresiasi kinerja Pokja Nagari Jawi-Jawi Guguk dalam mengelola KKB. Ia melihat antusiasme dan semangat masyarakat dalam program ini, terbukti dengan berbagai penampilan dan pemaparan yang menarik.

“Saya sangat terkesan dengan apa yang saya lihat hari ini. Antusiasme dan semangat masyarakat dalam program KKB ini sangat luar biasa,” ujar Syahrial.

Syahrial juga menyampaikan bahwa KKB merupakan program yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga di Kabupaten Solok.

“Program KKB ini sejalan dengan visi dan misi Bupati Solok untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, maju, dan bermartabat,” tuturnya.

Kelly Beminda yakin bahwa program KKB dapat mendorong kemajuan nagari dalam berbagai aspek, seperti kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan sosial.

“Kami sangat mendukung program KKB ini. Kami yakin program ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Jawi-Jawi Guguk,” ujar Kelly Beminda.

Kelly Beminda melihat antusiasme dan semangat masyarakat dalam program KKB. Hal ini terbukti dengan partisipasi aktif masyarakat dalam berbagai kegiatan KKB.

“Masyarakat sangat antusias dengan program KKB ini. Mereka aktif mengikuti berbagai kegiatan dan pelatihan yang diadakan,” tuturnya.(Ly)