Sumbar  

Longsor Rusak Dam Parit SD O6 di Nagari Sariak Alahan Tigo, Kepala Sekolah Minta Perbaikan Segera

Arosukapost.com – Solok, Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Solok, Sumatera Barat, pada Minggu (3/3/2024) sore menyebabkan longsor di Dam Parit yang berada di dekat SD 06 Nagari Sariak Alahan Tigo, Kecamatan Hiliran Gumanti. Longsor tersebut merusak sepanjang 20 meter dari dam yang berfungsi sebagai saluran irigasi dan pengendali banjir.

Kepala sekolah SD 06 Nagari Sariak Alahan Tigo, Herman Syarif SPd, mengatakan bahwa longsor tersebut menimbulkan kerugian sekitar 20 juta rupiah. Ia mengkhawatirkan dampak buruk yang bisa ditimbulkan oleh longsor tersebut, terutama bagi anak-anak sekolah yang berada di sekitar lokasi.

“Dam yang tersisa itu sangat rawan longsor lagi, apalagi sekarang musim hujan. Kalau tidak segera diperbaiki, bisa-bisa anak-anak sekolah terkena dampaknya. Mereka bisa terjebak, terluka, atau bahkan meninggal,” ujar Herman Syarif saat dihubungi pada Senin (4/3/2024).

Herman Syarif berharap pemerintah daerah maupun pusat segera turun tangan untuk memperbaiki dam yang rusak tersebut. Ia juga mengajak seluruh warga dan masyarakat untuk saling bahu-membahu dalam mengatasi masalah ini.

“Kami berharap ada bantuan dari pemerintah untuk memperbaiki dam ini. Ini kan bukan hanya untuk sekolah, tapi juga untuk kepentingan bersama. Kami juga siap membantu dengan tenaga dan dana yang kami miliki. Yang penting dam ini bisa segera normal kembali,” tutur Herman Syarif.

Baca juga :  Di Rumah Buruh Tani di Tampuniak Simalanggang, Gubernur Sumbar Singgah Sahur

Longsor di Dam Parit ini bukanlah yang pertama kali terjadi di Nagari Sariak Alahan Tigo. Sebelumnya, pada November 2023, longsor juga terjadi di jalan lintas Sariak Alahan Tigo-Sungai Abu, Kecamatan Hiliran Gumanti, yang mengakibatkan akses jalan terputus total. Longsor tersebut disebabkan oleh curah hujan yang tinggi dan kondisi tanah yang labil. (SD)