Wapres Ma’ruf Amin Promosikan Industri Halal Indonesia di Selandia Baru

Arosukapost.com – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Selandia Baru pada 27 Februari-2 Maret 2024. Salah satu agenda utama kunjungan tersebut adalah mempromosikan industri halal Indonesia dan menjalin kerja sama dengan pelaku industri halal Selandia Baru, khususnya di Auckland.

Pada Jumat (1/3/2024), Wapres bertemu dengan sekitar 30 pengusaha produk halal di Hotel Cordis Auckland. Dalam pertemuan tersebut, Wapres menyampaikan bahwa Indonesia memiliki potensi besar di berbagai sektor industri halal, seperti makanan, minuman, media, rekreasi, farmasi, dan kosmetik. Wapres juga menekankan bahwa industri halal tidak hanya berkaitan dengan kaidah agama, tetapi juga dengan standar kesehatan, kebersihan, dan keselamatan yang tinggi.

Wapres mengatakan bahwa Indonesia berpandangan bahwa sertifikasi dan jaminan produk halal merupakan hal penting baik dalam aspek religi maupun aspek ekonomi. Oleh karena itu, Indonesia telah mengadopsi visi untuk menjadi pusat industri halal terkemuka dunia. Untuk mewujudkan visi tersebut, Wapres mengatakan bahwa Indonesia memerlukan kerja sama yang erat dengan negara mitra, termasuk Selandia Baru.

Baca juga :  Jokowi Ajak Pengusaha Besar Berinvestasi di Indonesia

Wapres mengharapkan kerja sama antara pelaku industri halal Indonesia dan Selandia Baru dapat menopang rantai pasokan industri halal melalui ketersediaan bahan baku yang terjamin kehalalannya. Wapres juga mengharapkan kerja sama saling pengakuan dan keberterimaan produk halal antara kedua negara. Wapres mengajak para pengusaha Selandia Baru untuk memanfaatkan peluang pasar yang besar di Indonesia, yang memiliki penduduk Muslim lebih dari 240 juta jiwa.

Sementara itu, Menteri Biosecurity dan Keamanan Pangan Selandia Baru Andrew Hoggard, yang juga hadir dalam pertemuan tersebut, mengatakan bahwa Selandia Baru menjadikan Indonesia sebagai pasar perdagangan halal yang penting dan berharga. Ia mengatakan bahwa Selandia Baru telah memiliki regulasi yang mendukung proses sertifikasi halal sejak 2010. Ia juga mengatakan bahwa Selandia Baru telah bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI untuk meningkatkan ekspor produk halal Selandia Baru ke Indonesia.

Baca juga :  Prabowo Sindir Anies Soal Ekonomi di Debat Capres

Kunjungan Wapres ke Selandia Baru merupakan bagian dari misi diplomasi halal yang juga mencakup kunjungan ke Australia pada 2-6 Maret 2024. Kunjungan ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan bilateral dan kerja sama antara Indonesia dan negara-negara Oceania, khususnya di bidang industri halal. (Ly)