Jokowi Lantik Hadi Tjahjanto dan AHY Jadi Menteri Baru

Arosukapost.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik dua menteri baru dalam Kabinet Indonesia Maju pada Rabu (21/2/2024) di Istana Negara, Jakarta. Mereka adalah Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Hadi Tjahjanto menggantikan Mahfud MD yang mengundurkan diri dari jabatan Menko Polhukam karena maju sebagai calon wakil presiden mendampingi Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024. Sebelumnya, Hadi menjabat sebagai Menteri ATR/Kepala BPN. Sementara itu, AHY mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Hadi sebagai Menteri ATR/BPN.

Pelantikan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 34/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Tahun 2019-2024 yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti. Usai Keppres dibacakan, Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan yang diikuti oleh Hadi dan AHY.

Baca juga :  Presiden Joko Widodo Menunaikan Salat Tarawih Bersama Staf dan Masyarakat di Masjid Baitussalam

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar Hadi dan AHY bersamaan.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” lanjut mereka.

Baca juga :  PBB Tetapkan 15 Maret Sebagai Hari Internasional untuk Memerangi Islamofobia, Menag Akan Hadirkan Tokoh Agama Dunia

Pelantikan dihadiri oleh sejumlah pejabat dan tokoh, antara lain Wapres Ma’ruf Amin, Ketua Wantimpres Wiranto, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad, Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan, dan Jaksa Agung RI Sanitiar Burhanuddin, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Kepala BIN Budi Gunawan.

Dengan pelantikan ini, Jokowi berharap kinerja kabinet dapat lebih baik dan efektif dalam menghadapi berbagai tantangan, khususnya di masa pandemi Covid-19. Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada Mahfud MD atas pengabdiannya sebagai Menko Polhukam selama dua tahun lebih. (LY)