Piala Dunia 2026: Jadwal, Tempat, dan Format Turnamen Sepak Bola Terbesar di Dunia

Arosukapost.com – Piala Dunia 2026 akan menjadi edisi ke-23 dari turnamen sepak bola internasional yang diikuti oleh tim nasional senior anggota FIFA. Turnamen ini akan berlangsung selama lima pekan, mulai dari 11 Juni hingga 19 Juli 2026, di tiga negara Amerika Utara: Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Ini adalah pertama kalinya Piala Dunia diselenggarakan di tiga negara sekaligus, dan juga pertama kalinya jumlah peserta ditingkatkan menjadi 48 tim, dari sebelumnya 32 tim. Dengan demikian, total akan ada 104 pertandingan yang dimainkan di 16 kota dan 23 stadion.

Pertandingan pembukaan akan digelar di Stadion Azteca, Mexico City, yang merupakan stadion terbesar di Amerika Utara dengan kapasitas lebih dari 87 ribu penonton. Stadion ini juga memiliki sejarah panjang dalam Piala Dunia, karena pernah menjadi tempat penyelenggaraan final Piala Dunia 1970 dan 1986.

Baca juga :  Selain Boeing, Polri Telisik Donasi dari Pihak Lain yang Diselewengkan ACT

Pertandingan final akan digelar di Stadion MetLife, New Jersey, yang merupakan stadion terbaru dan termahal di Amerika Serikat dengan biaya pembangunan mencapai 1,6 miliar dolar AS. Stadion ini memiliki kapasitas lebih dari 82 ribu penonton, dan juga menjadi tempat penyelenggaraan beberapa acara olahraga dan hiburan besar, seperti Super Bowl, konser, dan festival.

Format Piala Dunia 2026 akan menggunakan sistem 12 grup berisi empat tim, yang mana dua tim teratas dari masing-masing grup akan melaju ke babak 16 besar bersama delapan tim peringkat ketiga terbaik. Babak gugur akan dimulai dari 16 besar hingga final, dengan sistem gugur langsung tanpa adanya perpanjangan waktu atau adu penalti.

Baca juga :  Pemerintah Larang Transaksi Langsung di Media Sosial, TikTok Shop Cs Diberi Waktu Seminggu

Piala Dunia 2026 diharapkan menjadi ajang yang menarik dan menghibur bagi para penggemar sepak bola di seluruh dunia, karena akan menampilkan tim-tim terbaik dan pemain-pemain bintang dari berbagai benua. Selain itu, turnamen ini juga menjadi kesempatan bagi negara-negara tuan rumah untuk menunjukkan kemampuan dan kerjasama mereka dalam menyelenggarakan event olahraga terbesar di dunia. (Ly)