Sumbar  

Disparbud Kabupaten Solok Motivasi Pelaku Seni Tradisi melalui Bagurau

Arosukapost.com – Solok 28 Januari 2024, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Solok terus melakukan pembinaan kepada pelaku seni tradisi di kabupaten tersebut. Salah satu upayanya adalah dengan menggelar kegiatan bagurau di Sasana Seni Riak Danau, Nagari Kampung Batu Dalam, Kecamatan Danau Kembar, Sabtu (27/1/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bidang Kebudayaan Disparbud Kabupaten Solok, Irman SE, pamong budaya, dan staf. Kegiatan ini ramai diikuti oleh pelaku seni tradisi dari berbagai kalangan.

Dalam sambutannya, Irman mengaku sangat bangga dengan kegiatan tersebut. Ia mengatakan, kegiatan bagurau merupakan salah satu upaya dalam pelestarian seni tradisi. Irman yang juga menjabat sebagai Penjabat Wali Nagari Koto Baru ini juga menyampaikan bahwa Disparbud Kabupaten Solok tahun ini juga akan mengadakan lomba seni tradisi, di antaranya tari piring dan pidato pasambahan adat. Ia berharap Sasana Seni Riak Danau dapat mengikuti dan berpartisipasi dalam lomba tersebut.

Sementara itu, Ketua Sasana Seni Riak Danau, Pandeka Alam, mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan arahan dari Disparbud Kabupaten Solok serta perhatian dari pemerintah daerah. Ia mengatakan, tahun lalu Sasana Seni Riak Danau juga telah mendapatkan bantuan pakaian dari Disparbud Kabupaten Solok.

Baca juga :  7 Anak Kabupaten Solok Diterima Kuliah di Universitas Al-Azhar Mesir, Harap Perhatian dari Pemda Solok

Pandeka Alam berharap, Disparbud Kabupaten Solok dapat terus memberikan pembinaan dan dukungan kepada pelaku seni tradisi di Kabupaten Solok. Ia juga berharap, pemerintah daerah dapat memberikan perhatian lebih kepada pelaku seni tradisi, agar seni tradisi dapat terus lestari dan berkembang. (WR)