Sumbar  

Bupati Solok Kunker Dua Nagari, Serahkan Sertifikat Prona dan Tinjau Mambiak Baniah

Arosukapost.com – Bupati Solok, Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar Dt. Sutan Majo Lelo, M.Mar, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke dua nagari dalam sehari, Kamis (25/1/2024). Kunker pertama dilakukan ke Nagari Koto Baru, Kecamatan Lembah Gumanti, dan kunker kedua dilakukan ke Nagari Aripan, Kecamatan X Koto Singkarak.

Pada kunker pertama, Bupati Epyardi disambut oleh Wali Nagari Koto Baru, Irman SE, beserta masyarakat setempat. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Epyardi menyerahkan sertifikat Prona kepada 406 kepala keluarga, serta memberikan bantuan sembako kepada 30 keluarga.

Dalam sambutannya, Wali Nagari Koto Baru menyampaikan terima kasih atas kunjungan Bupati Epyardi. Irman juga menyampaikan permohonan kepada Bupati Epyardi untuk melanjutkan pembangunan normalisasi Batang Lembang.

“Pembangunan normalisasi Batang Lembang sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Namun, kami masih berharap agar pembangunannya dapat dilanjutkan,” ujar Irman.

Baca juga :  Kabupaten Solok Bergerak Cepat untuk ADWI 2024: Target Masuk 50 Besar Nasional

Pada kesempatan tersebut, Bupati Solok juga menyerahkan sertifikat tanah prona secara simbolis kepada masyarakat Koto Baru. Jumlah sertifikat yang akan dibagikan sebanyak 406 buah. Selain itu, Bupati juga memberikan bantuan beras secara simbolis kepada masyarakat miskin di Nagari Koto Baru sebanyak 300 paket.

Selanjutnya, Bupati Epyardi melanjutkan kunkernya ke Nagari Aripan. Di sana, Bupati Epyardi menghadiri acara Mambiak Baniah, salah satu tradisi dan kearifan lokal masyarakat Aripan. Selain itu, Bupati Epyardi juga berziarah ke makam salah seorang penyebar agama Islam di Aripan, Angku Boyok.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Epyardi menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan acara Mambiak Baniah. Ia juga mendoakan agar almarhum Angku Boyok diberikan tempat yang layak di sisi Allah SWT.

“Acara Mambiak Baniah ini merupakan salah satu bentuk syukur masyarakat Aripan kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Aripan yang telah menjaga dan melestarikan tradisi ini,” ujar Bupati Epyardi.

Baca juga :  Ketua FOKAN Sumbar Defrison Marja Apresiasi Keberadaan Arosukapost

Kegiatan Mambiak Baniah dihadiri oleh ribuan masyarakat, baik dari Nagari Aripan maupun dari luar daerah, terutama dari Kabupaten Padang Pariaman. Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan pemotongan kerbau sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT.

Salah seorang santri dari Pondok Pesantren Nurul Ilmi, Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, mengatakan bahwa mereka rutin setiap tahun mengunjungi Nagari Aripan untuk mengikuti acara Mambiak Baniah.

“Kami sangat senang bisa mengikuti acara Mambiak Baniah ini. Acara ini sangat menarik dan penuh makna,” ujar santri tersebut.

Dalam kunker tersebut, Bupati Epyardi juga didampingi oleh Anggota Dewan DPR RI Athari Gauthi Ardi Komisi V. (WR)