Ganjar Janji Perkuat Ketahanan RI dengan Rudal Hipersonik

Arosukapost.com – Jakarta, 9 Januari 2024 – Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo, berjanji akan memperkuat ketahanan Indonesia, bahkan dengan membuat rudal hipersonik. Hal ini ia sampaikan dalam Debat Capres 2024 ketiga yang digelar Minggu (7/1/2024).

Ganjar mengatakan, Indonesia perlu memperkuat pertahanannya di tengah ketegangan sejumlah negara di kawasan, seperti Amerika Serikat (AS)-China. Ia pun menyebut strategi lima titik kosong (5.0) untuk mewujudkan hal tersebut.

“Sistem pertahanan rakyat semesta mesti kita dorong, jadi benteng pertahanan Nusantara sebagai satu kesatuan,” tegas Ganjar dalam debat dengan tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik itu.

Baca juga :  Satgas Antimafia Sepak Bola: Langkah Serius dalam Membersihkan Sepak Bola Indonesia

“IKN jadi pusat gravitasi baru, ini jadi pusat antara palung global AS dan Tiongkok,” tambahnya menyebut ibu kota negara (IKN) baru Nusantara.

Strategi 5.0 yang dimaksud Ganjar adalah pembuatan teknologi sakti mulai dari rudal hipersonik hingga senjata siber. Ia mengatakan, Indonesia pasti bisa melakukannya asal anggaran Kementerian Pertahanan (Kemenhan) 1-2% dari produk domestik bruto (PDB).

“Kita harus pakai (strategi) 5.0, dengan teknologi sakti, dengan rudal hipersonik, senjata siber, sensor kuat dan senjata otonom,” kata Ganjar.

Baca juga :  Polri: Korban Meninggal Peristiwa Kanjuruhan 125 Orang

Ganjar juga menegaskan, Indonesia harus menjadi negara yang damai dan tidak agresif. Namun, ia menekankan, Indonesia juga harus siap menghadapi segala kemungkinan.

“Kita harus menjadi negara damai, tapi kita juga harus siap menghadapi segala kemungkinan,” ujar Ganjar.

Janji Ganjar untuk memperkuat ketahanan Indonesia dengan rudal hipersonik mendapat respons beragam dari masyarakat. Sebagian masyarakat mendukung janji tersebut, namun sebagian lainnya menilainya terlalu ambisius. (Ly)