Sumbar  

Pemuda -Pemudi Lipek Pageh Gelar Aneka Kegiatan

Arosukapost.com – Sungai Nanam Segenap pengurus Pemuda Lipek Pageh terpilih periode tahun 2023-2028,Serta pengurus Yayasan Darul Fath Qur’an Lipek Pageh menghadiri berbagai kegiatan.Salah satunya Tabligh Akbar di Masjid Nurul Yaqin,Koto.Lipek Pageh Sungai Nanam/Salimpat, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sabtu (30/12/2023) malam.
Tabligh Akbar yang digelar oleh Pemuda -Pemudi Koto Lipek Pageh Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok bertema “Merawat Identitas Masyarakat Adat Minangkabau, Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah”.
Kegiatan tabliq akbar ini juga dalam rangka launching Kepengurusan pemuda Koto Lipek Pageh Kec Lembah Gumanti.Yang baru saja terpilih secara aklamasi dengan Ketua Pemuda Debi Arja usman,S.Pd.
Yang langsung sebagai ketua pelaksana.
Sementara itu Penceramah ustad Syafri Novel / Mak Ipin.Pemain Team Lawak Minang “Garundang Entartaiment group”.Acara dihadiri seluruh
Panitia , Pengurus Masjid ,Guru Wali murid dan santri MDTA Nurul Yaqin ,Wali murid dan santri Rumah tahfiz Al-Qur’an Yayasan Darul Fath Qur’an Lipek Pageh.Alim.ulama,tokoh masyarakat,alim ulama, cerdik pandai, masyarakat.

Tabligh Akbar itu juga dihadiri perwakilan Camat Lembah Gumanti, Wali Nagari, Ketua KAN, Bundo Kanduang.
Deby Arya Usman mengatakan, kegiatan itu berjalan aman dan lancar serta penuh semarak. Dia pun mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kantibmas, sehingga kondisi nagari tetap kondusif.Dan Mari kita meramaikan masjid, mushalla,surau .Kami juga sangat bersyukur adanya rumah tahfiz “Mari kita dukung pembangunan Rumah Tahfidz dan TKIT Darul Fath Qur’an Lipek Pageh,yang telah berlangsung sejak 4 bulan terakhir,serta Yayasan Darul Fath Qur’an Lipek Pageh juga sudah memiliki badan Hukum dari KEMENKUMHAM RI tahun 2023,” Ujar Deby.

Sementara itu dewan pendiri Yayasan Darul Fath Qur’an Lipek Pageh, Almasra,S.Pd didampingi oleh Kepala Rumah Tahfiz Al-Qur’an Darul Fath Qur’an Lipek Pageh, Taufik Hidayat SE,dan Irvan Gusmantri Yatno sangat berharap dukungan dari seluruh unsur,dan rekan pengurus pemuda-pemudi Lipek Pageh yang baru terpilih, Untuk kemajuan lembaga pendidikan Islam yang kita dirikan bersama ini, termasuk sangat diharapkan bantuan moril dan materil untuk pembangunan yang sedang berlangsung.”Ujar Almasra

Sementara itu melalui pesan whatshab.Ketua IKKSN (Ikatan Keluarga Kenagarian Sungai Nanam),Yang juga tokoh masyarakat Lipek Pageh yang saat sekarang berdomisili di Jakarta mengatakan , Salmanir Dt Bandaro mengucapkan ” Rasa syukur alhamdulillah.
Doa kami menyertai kalian.
Semoga saja dibawaah kepengurusan yang baru ini.Pemuda dan pemudi Lipek Pageh .Bangkit kembali.untuk menatap hari esok yg lebih.cerah.terus berjuang dalam membangun kekompakan dan kesolidan.Demi mencapai suatu tujuan.
Ingat kalian takkan sampai kepuncak tanpa melalui pendakian.Dari itu ayunkanlah langkah kalian.Singkirkan segala hambatan dan rintangan.bangun lah Lipek Pageh dengan kebersamaan.
Saya yakin dan percaya kalian orang-orang hebat yg mampu membawa Lipek Pageh ini kearah yg lebih baik.
Semoga Allah SWT meridhai kita semua untuk saling berbuat baik untuk tanah tumpah darah kita.Jangan lupa juga untuk ikut membantu bagaimana SMKN2 Lembah Gumanti diLipek Pageh yang butuh sentuhan dan dukungan para pemuda,Yang saat ini siswanya sangat minim”,Ujar Salmanir Dt Bandaro.

Baca juga :  Menedikat Kepedulian Sosial: Zakat Profesi Personil Polres Dharmasraya

Ditempat terpisah,Ketua dewan Pendiri Yayasan Darul Fath Qur’an Lipek Pageh,Ir.Apditaria juga sangat berharap bantuan dan uluran tangan dari Pemuda serta seluruh lapisan masyarakat, untuk Pembiayaan lanjutan pembangunan gedung TKIT Darul Fath Qur’an Lipek penambahan lokal untuk penambahan lokal Rumah Tahfidz Darul Fadz sampai dengan saat ini terus berlanjut,yang sangat dibutuhkan saat ini adalah sbb;
-Semen 30 zak =Rp1800.000,-
-Bata merah 5000 bh= Rp6500.000,-

  • Atap seng 4 kodi=Rp5.600.000
  • Grc 20lbr× Rp151.000=Rp 3020.000
  • triplek 25lbr × 135.000=Rp3.375.000,-
    -Upah tukang,Rp 10.000.000,-
    Diperkirakan total = Rp30.295.000*
    Dalam hal kelanjutan pengerjaan lokal ini kami berharap dukungan, Infak sadaqah wakaf maupun bantuan lainnya.Bisa langsung ditransfer langsung ke “Rek. Atas nama Yayasan Darul Fath Qur’an, Bank BPD/Bank Nagari No. 71020220310233″ jangan lupa di lampirkan bukti transfer jika sdh ditransfer”.Ujar Apditaria

Dimana sebelumnya pemuda/pemudi Lipek Pageh juga telah melakukan penggalangan dana untuk pembangunan rumah yang terbakar, bersama masyarakat, ormas2,perantau,Niniak mamak,alim ulama cerdik pandai,Bundo kandung, tokoh 2 masyarakat. (SD)