Dekranasda Kuantan Singingi Kunjungi Dekranasda Kabupaten Solok

Foto bersama antara Dekranasda Kabupaten Solok dan Kuantan Singingi Riau (Ito Arosukapost)

Arosukapost.com, Solok – Dalam rangka peningkatan menuju program kerja tahun 2024, Dekranasda Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau melakukan kunjungan kerja ke Dekranasda Kabupaten Solok, Koto Baru pada Jumat (15/12/23).

Ketua Dekranasda Kabupaten Kuantan Singingi Riau Hj. Yulia Suhardiman beserta rombongan disambut langsung oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Solok Hj. Emiko Epiyardi Asda, Sekretaris Yenti Nova, SE, MM, serta seluruh pengurus.

Ketua Dekranasda Kabupaten Solok Hj. Emiko Epiyardi dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa senang atas kunjungan Ketua Dekranasda Kabupaten Kuantan Singingi Riau beserta rombongan.

“Mudah-mudahan dengan kedatangan bapak ibu ke Kabupaten Solok disamping mempererat tali silaturahmi juga dapat saling sharing informasi serta belajar dari Dekranasda Kuantan Singingi,” ujarnya.

Emiko mengatakan bahwa Dekranasda Kabupaten Solok memiliki beberapa jenis kerajinan yang mereka bina, masing-masing memiliki ciri khas tersendiri seperti motif dan pengolahannya.

“Contoh produk yang dihasilkan adalah batik, tenun, bordir, sulaman, anyaman pandan, rotan, dan kayu. Pada minggu yang lalu kami sudah melakukan studi banding ke Tasikmalaya, di mana di situ terkenal sebagai pusat batik sulaman yang sangat bagus. Mudah-mudahan pulang dari sana kita bisa belajar dan menerapkan batik di Kabupaten Solok,” ungkapnya.

Emiko berharap ada juga sesuatu yang bisa diterapkan dari Kabupaten Solok untuk daerah Kuantan Singingi.

Baca juga :  Pulau Balang: Ikon Baru Konektivitas Kalimantan Timur

“Untuk Kabupaten Solok sendiri kaya akan danau. Kami memiliki lima danau, dua danau di daerah tropis yaitu Danau Singkarak dan Danau Tuo, di daerah sejuknya ada tiga danau kembar atau danau di atas dan di bawah serta Danau Talang. Daerah tropis Kabupaten Solok menghasilkan beras yang dikenal dengan beras Solok, tanaman holtikultural seperti bawang, tomat, dan cabai. Kabupaten Solok adalah penghasil bawang terbesar ketiga di Indonesia,” jelasnya.

“Dulu Kabupaten Solok adalah daerah termiskin di Sumatera Barat, Alhamdulillah setelah 2 tahun lebih Solok Super Tim berjalan di bawah pimpinan Bapak Bupati Epiyardi Asda sudah menunjukkan yang terbaik dengan banyak penghargaan yang diterima, salah satunya menerima penghargaan Duta Orang Tua Hebat se-Indonesia,” imbuhnya.

“Yang terbaru di daerah Alahan Panjang dalam sektor pariwisata adanya banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi, salah satunya Bukit Cambai yang berada di ketinggian 2.600 di atas permukaan laut yang berhawa sejuk. Ada sebuah slogan, kalau dulu belum ke Sumatera Barat kalau belum ke Bukittinggi, sekarang kami ingin mencapai slogan belum ke Sumatera Barat kalau belum ke Kabupaten Solok,” kata Emiko.

Di waktu yang sama, Ketua Dekranasda Kuantan Singingi Hj. Yulia Suhardiman menyampaikan bahwa mereka sangat bahagia bisa bertemu langsung dengan Ketua Dekranasda dan pengurus Kabupaten Solok.

Baca juga :  Persemaian Mentawir: Pusat Penghijauan IKN yang Menjanjikan

“Kami mengucapkan terima kasih atas waktu yang telah luangkan untuk bertemu langsung dengan Dekranasda Kuantan Singingi,” ujarnya.

Ny. Yulia mengatakan bahwa tujuan kedatangan mereka adalah untuk menjalin tali silaturahmi serta menambah ilmu pengetahuan.

“Kalau dibandingkan Kabupaten Kuantan Singingi jauh dengan Kabupaten Solok, kerajinan bagus juga. Di Kuansing sekarang mempunyai rumah batik, tenunan rajuk pada pengrajin sepatu, satu lagi pemanfaatan sabut sawit untuk piring yang sedang kami galakkan, di mana di atasnya dialaskan dengan tisu untuk mengurangi cuci piring, sangat luar biasa,” ungkapnya.

Yulia juga mengatakan bahwa Kabupaten Kuantan Singingi berbatasan dengan Sumatera Barat, sehingga adat istiadatnya hampir sama.

“Banyak pendidikan kadis kami belajar dari Padang Sumatera Barat. Adanya ikon kami yang mungkin belum Ibu banyak ketahui seperti tradisi paju jalo yang lagi buminya. Nantinya kami mau mengundang langsung Ibu ke Kuansing menghadirinya di bulan Agustus mendatang,” katanya.

Yulia berharap agar Dekranasda Kuantan Singingi dan Kabupaten Solok dapat saling bersinergi.

“Mari kita saling sinergi antara Kuansing dan Kabupaten Solok untuk kita bawa ke daerah masing-masing, baik pelajaran dari Kabupaten Solok maupun dari Kuansing. Mudah-mudahan silaturahmi ini banyak manfaatnya untuk kita semua,” pungkasnya. (Ito)