Indonesia Tegaskan Hubungan Baik dengan AS dan China

Arosukapost.com – Jakarta, 23 November 2023 – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, menegaskan bahwa Indonesia memiliki hubungan baik dengan Amerika Serikat (AS) dan China.

“Ya kita ke kiri, kanan, ya baik-baik saja. Ke China baik, ke Amerika juga baik, sepanjang national interest kita juga terlindungi, as simple as that,” ujar Luhut.

Luhut mengatakan, sejumlah utusan Presiden Amerika Serikat beberapa waktu lalu mengunjunginya di Singapura. Salah satunya adalah John Kerr, utusan khusus Presiden Amerika Serikat untuk Iklim. Kedatangan pejabat AS itu juga untuk memberi rasa hormat mereka terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang bisa bernavigasi di tengah keadaan ekonomi dunia yang tidak baik-baik saja.

Baca juga :  Polri Tahan Dua Tersangka TPPU yang Rugikan Negara Miliaran

“Dari semua itu petinggi-petinggi yang datang jenguk saya, ujung-ujungnya membawa rasa hormat mereka pada Presiden Joko Widodo yang bisa bernavigasi di tengah-tengah keadaan ekonomi dunia yang tidak baik seperti sekarang ini,” paparnya.

Di hadapan para delegasi AS, Luhut menegaskan Indonesia selalu membela kepentingan nasionalnya. Terutama memanfaatkan sumber daya alam (SDA) untuk kepentingan di Tanah Air.

“Saya sampaikan kepada mereka, bahwa Indonesia akan selalu membela kepentingan nasional kita, termasuk memanfaatkan sumber daya alam kita untuk kepentingan rakyat Indonesia,” kata Luhut.

Baca juga :  Athari Minta Pemerintah Bertindak atas Perang Israel dan Palestina

Prinsip politik non-blok yang dipegang Indonesia dinilai menjadi salah satu faktor yang membuat RI memiliki hubungan baik dengan negara-negara besar. Dengan prinsip ini, Indonesia dapat menjalin hubungan baik dengan berbagai negara tanpa harus memihak salah satu blok.

Hubungan baik Indonesia dengan AS dan China juga penting untuk menjaga stabilitas di kawasan Asia Tenggara. Kedua negara tersebut merupakan kekuatan besar di kawasan dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Indonesia. (Ly)