Kemkop RI Gelar Sosialisasi Pembentukan Lembaga Inkubasi di Sumatera Barat

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (Kemenkop UKM) menggelar sosialisasi pembentukan lembaga inkubasi di Sumatera Barat (Ito/Arosukapost)

Arosukapost.com, Padang – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (Kemenkop UKM) menggelar sosialisasi pembentukan lembaga inkubasi di Sumatera Barat. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula pertemuan PLUT Provinsi Sumbar pada hari Selasa (21/11/23).

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Kabupaten/kota se Sumatera Barat. Salah satu narasumber dari Kemenkop UKM, Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha Bidanv Kwirausahaan Analisi Kebijakan Muda Juherman, S.Si, M. AP mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah mengimplementasi surat pendirian lembaga inkubator di Daerah.

“Sosialisasi ini mengacu kepada peraturan pemerintah RI nomor 7 tahun 2021 tentang kemudahan, perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Penyelenggaraan Inkubasi usaha diatur pada BAB VII pasal 132-138,” ujar Juherman.

Juherman menjelaskan, tentang pentingnya lembaga inkubasi bagi pengembangan UMKM. Lembaga inkubasi dapat memberikan berbagai fasilitas dan layanan kepada UMKM, seperti pelatihan, pendampingan, dan akses pembiayaan.

“Lembaga inkubasi dapat menjadi jembatan bagi UMKM untuk berkembang dan naik kelas,” ungkap Juherman.

Diskop UKM Kabupaten/kota se Sumatera Barat menyambut baik kegiatan sosialisasi ini. Mereka berharap bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang lembaga inkubasi dan dapat mendorong mereka untuk membentuk lembaga inkubasi di daerah masing-masing.

Baca juga :  Banjir Terparah, Ketua TP PKK Kuansing Pantau Lokasi Bencana

“Kegiatan ini sangat bermanfaat. Kami berharap dapat segera membentuk lembaga inkubasi di daerah kami,” tutur Kabid UKM DKUKMPP Kab Solok Rinarti, S.Sos.

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat mendorong terbentuknya lembaga inkubasi di seluruh daerah di Indonesia. Lembaga inkubasi dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing UMKM dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. (Ito)