Sumbar  

Harimau Campo, Group Seni Tradisi di Nagari Gauang yang Tetap Lestarikan Budaya

Arosukapos.com – Gauang, Solok, Harimau Campo, salah satu group seni di Nagari Gauang, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, tetap berkomitmen untuk melestarikan seni tradisi. Group yang telah berdiri sejak beberapa tahun lalu ini memiliki sekitar 60 anggota yang terdiri dari para remaja dan generasi muda.

Zal, salah seorang pengurus group seni Harimau Campo, mengatakan bahwa group ini berawal dari kegalauan melihat para generasi muda yang selalu disibukkan dengan gadget. Maka dari itu, dengan beberapa orang yang peduli, didirikanlah group tersebut.

“Alhamdulillah, sambutan dan dukungan dari masyarakat luar biasa terlihat banyaknya yang ikut serta dalam grup,” kata Zal, yang juga pelatih randai di beberapa sekolah.

Zal mengatakan bahwa group Harimau Campo ini merupakan bentuk kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap kemajuan teknologi yang sangat memberi pengaruh terhadap generasi muda.

Baca juga :  Pimpin Shalat Ashar Perdana, Gubernur Sumbar Resmikan Masjid Adz Zikra Fakultas Farmasi Unand

Sementara itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok melalui Kepala Bidang Kebudayaan Irman SE, yang pada Sabtu malam, 4 November 2023, melakukan silaturahmi dan pembinaan kesenian ke group Harimau Campo, mengatakan bahwa group ini merupakan salah satu group seni tradisi yang aktif di Kabupaten Solok.

“Pembinaan ini juga bertujuan untuk menjalin silaturahmi antara pelaku seni dengan pemerintah daerah kabupaten Solok,” kata Irman.

Pembinaan kali ini juga merupakan salah satu persiapan karena bulan Desember group seni Harimau Campo akan dilakukan shooting randai oleh TVRI Sumbar.

“Shooting randai ini mengambil tema tentang pemilu damai, jadi tentu harus dipersiapkan dengan matang dan sesuai tema yang diminta,” kata Irman.

Baca juga :  Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar Hadiri Halalbihalal dan Berikan Bantuan ke Pondok Pesantren di Pasaman Barat

Irman menambahkan bahwa Disparbud Kabupaten Solok selalu siap untuk silaturahmi dan pembinaan bagi seluruh group seni yang ada di Kabupaten Solok, baik siang maupun malam hari.

Melestarikan seni tradisi merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Seni tradisi merupakan bagian dari identitas budaya suatu bangsa. Selain itu, seni tradisi juga memiliki nilai-nilai edukatif dan moral yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Group seni Harimau Campo merupakan contoh yang baik dalam upaya melestarikan seni tradisi. Group ini telah berhasil menarik minat para generasi muda untuk mempelajari seni tradisi. Hal ini tentu merupakan kabar baik bagi pelestarian seni tradisi di Indonesia. (WR)