Jokowi: Pelestarian Budaya Penting untuk IKN

Arosukapost.com – Penajam Paser Utara, 3 November 2023 – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai bahwa pelestarian budaya penting untuk menjaga keutuhan bangsa, termasuk di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat menghadiri Festival Harmoni Budaya Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada hari ini.

“Pembangunan fisik IKN memang penting, tapi tidak kalah penting adalah pembangunan sumber daya manusia, termasuk pelestarian budaya,” kata Jokowi.

Baca juga :  Polri Sebut 3 dari 5 WNI Fasilitator ISIS Ada di Suriah

Jokowi mengatakan bahwa IKN akan menjadi rumah bagi masyarakat dari berbagai etnis dan budaya. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kerukunan dan harmoni antarmasyarakat.

“Festival Harmoni Budaya Nusantara ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga dan melestarikan budaya-budaya yang ada di Indonesia,” kata Jokowi.

Dalam festival tersebut, ditampilkan berbagai pertunjukan budaya dari berbagai daerah di Indonesia, seperti tari-tarian, musik, dan seni bela diri. Selain itu, juga digelar bazar kuliner dan kerajinan tangan khas Kalimantan Timur.

Baca juga :  TimNas U16 Indonesia Sukses Mengunci Gelar AFF Setelah Mengalahkan Vietnam 1-0

Jokowi berharap nantinya masyarakat di IKN dapat hidup rukun dan harmonis, serta menjaga dan melestarikan identitas budaya lokal.

“Saya berharap nantinya masyarakat di IKN bisa berinteraksi dengan baik, hidup rukun, dan harmonis, juga dapat menjaga, melestarikan, dan mengembangkan identitas budaya lokal, nilai-nilai, dan tradisi masyarakat di Kalimantan Timur,” kata Jokowi. (Ly)