Menlu Retno Desak DK PBB Hentikan Konflik Israel-Palestina di Gaza

Arosukapost.com – New York, 26 Oktober 2023 – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi mendesak Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk segera bertindak menghentikan eskalasi konflik Israel-Palestina di Gaza, serta mengatasi krisis kemanusiaan di sana.

“Setiap detik yang terbuang tanpa adanya aksi nyata dari DK berdampak mengerikan bagi warga Palestina di Gaza. Indonesia mengutuk keras berlanjutnya agresi Israel terhadap warga sipil di Gaza,” kata Retno, di High Level Open Debate DK PBB mengenai situasi di Timur Tengah, Selasa (24/10), waktu setempat.

Retno juga menegaskan bahwa DK PBB tidak boleh tinggal diam menyaksikan bencana dan kejahatan kemanusiaan yang sedang terjadi di Gaza.

“DK memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga perdamaian dan keamanan, tidak membiarkan perang berkepanjangan atau membantu salah satu pihak melanjutkan perang,” tegas Retno.

Dalam pernyataannya, Retno juga mendesak DK PBB untuk:

  • Mencapai gencatan senjata segera antara Israel dan Palestina;
  • Menghentikan serangan Israel terhadap infrastruktur sipil di Gaza;
  • Memberikan akses kemanusiaan yang aman dan tanpa hambatan ke Gaza;
  • Melakukan penyelidikan independen atas pelanggaran HAM yang terjadi di Gaza.
Baca juga :  Gerak Cepat, Pemkab Dharmasraya Galang Dana Korban Gempa Pasaman

Konflik Israel-Palestina di Gaza telah berlangsung sejak 10 Mei 2023. Serangan Israel telah menewaskan lebih dari 2.000 warga Palestina, termasuk ratusan anak-anak. Sementara itu, Hamas dan kelompok-kelompok perlawanan Palestina lainnya telah meluncurkan ribuan roket ke Israel. (Ly)