Sumbar  

Peringati HUT Palang Merah Indonesia ke 78, PMI Kabupaten Solok dan UTD-RS Arosuka Gelar Aksi Donor Darah

Sekretaris Dinas Perikanan Pangan Kabupaten Solok, Imran Syahrial, SP, Ikut Donor Darah

Arosukapost.com, Solok – Peringatan Hari Ulang Tahun Palang Merah Indonesia (PMI) yang ke-78 dirayakan dengan semangat kemanusiaan yang tinggi. PMI Kabupaten Solok dan Unit Transfusi Darah-Rumah Sakit Arosuka (UTD-RS Arosuka) menggelar kegiatan donor darah yang berlangsung di Markas PMI Kabupaten Solok, Jorong Kajai Nagari Koto Baru, Kabupaten Solok, (25/9/23)

Setiap tahun, Hari PMI menjadi momen penting yang dihargai dalam kalender kemanusiaan Indonesia. Pada tanggal 17 September, seluruh negeri merayakan semangat “Menolong Sepenuh Hati” bersama PMI. Kegiatan donor darah ini menjadi sorotan utama di daerah ini, dengan antusiasme tinggi dari aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Daerah Kabupaten Solok dan masyarakat setempat yang ikut serta dalam aksi kemanusiaan ini.

Tidak hanya memberikan kontribusi berharga melalui donor darah, beberapa ASN dan masyarakat juga mendapatkan bingkisan sebagai bentuk apresiasi atas kepedulian mereka.

Berdasarkan hasil skrining, dari puluhan calon pendonor yang antri, baik dari ASN maupun masyarakat, beberapa orang di antaranya memenuhi syarat untuk mendonorkan darahnya.

Baca juga :  Nagari Koto Baru Kabupaten Solok Gelar Sosialisasi Bundo Kanduang

Salah satu pendonor, Sekretaris Dinas Perikanan Pangan Kabupaten Solok, Imran Syahrial, SP, mengungkapkan, “Kegiatan donor darah sangat positif dan dapat membantu orang yang membutuhkan. Namun, dalam kesempatan ini, saya ingin turut mengedukasi kawan-kawan ASN di lingkungan Pemkab Solok serta masyarakat, bahwa dengan donor darah, kita dapat menjaga kesehatan tubuh kita tetap prima.” ungakapnya.

Kegiatan donor darah ini diinisiasi oleh Ketua PMI Kabupaten Solok bersama dengan Pengurus, Kepala Markas, serta Keluarga Sumber Daya (KSR) PMI Kabupaten Solok.

Ketua PMI Kabupaten Solok, Syamsul Nurzal, SP, menyatakan, “Kami akan mendukung penuh program-program kemanusiaan, khususnya donor darah, dan sangat setuju jika kegiatan serupa akan kami jadikan agenda rutin di PMI Kabupaten Solok. Semoga ini dapat diwujudkan bersama di masa depan. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada ASN Pemkab Solok dan masyarakat yang telah berpartisipasi dalam mendonorkan darah hari ini.” tutupnya.

Baca juga :  Apel Pagi Jelang Turun dari Puncak Gunung Talang, Bupati Solok Ajak Peserta Kumpulkan Semua Sampah

Dokter Nike Anggreini, selaku Kepala UTD-RS Arosuka sekaligus Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dan Sosial PMI Kabupaten Solok, menambahkan, Pelayanan darah adalah salah satu upaya dalam bidang kesehatan untuk penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan. Ketersediaan darah atau komponen darah yang cukup sangat diperlukan, dan ini dapat dengan mudah diperoleh dari pendonor sukarela di mana pun berada.

Ridho A.E, Bidang Pelayanan Sosial dan Kesehatan PMI Kabupaten Solok, menyatakan bahwa meskipun antusiasme dalam kegiatan donor darah ini tinggi, ketersediaan darah masih belum dapat memenuhi kebutuhan. Dengan demikian, penting bagi masyarakat untuk terus mendukung kegiatan seperti ini guna membantu menyelamatkan nyawa orang yang membutuhkan.

Peringatan Hari Ulang Tahun PMI ke-78 di Kabupaten Solok ini menjadi bukti nyata semangat kemanusiaan yang kuat di tengah masyarakat, serta komitmen untuk terus berkontribusi dalam upaya penyelamatan nyawa manusia melalui donor darah. Semoga kegiatan serupa terus berlanjut dan semakin sukses di masa depan. (RS)