PM Timor Leste Xanana Gusmao Cium Tangan Iriana Jokowi di KTT ASEAN 2023

Arosukapost.com – Presiden Timor Leste Xanana Gusmao turut menghadiri pembukaan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center, Selasa (5/9/2023). Dalam kesempatan itu, ia sempat mencium tangan Ibu Negara Iriana Joko Widodo saat disambut oleh Presiden Jokowi.

Momen tersebut terekam dalam video yang diunggah oleh Sekretariat Presiden di YouTube. Dalam video itu, terlihat Xanana yang mengenakan setelan jas warna hitam berjalan menuju Iriana yang berdiri sebelah Jokowi. Iriana mengenakan kebaya dan kerudung bernuansa biru.

Xanana langsung mengulurkan tangan kepada Iriana dan membungkuk untuk mencium tangannya. Iriana terlihat membalas dengan sedikit membungkuk ke arah Xanana. Sementara itu, Jokowi tampak tersenyum menyaksikan momen tersebut.

Setelah itu, Xanana baru bersalaman dengan Jokowi dan berfoto bersama. Kemudian, ia berjalan menuju ruang pertemuan. Jokowi dan Iriana masih menunggu para pemimpin negara berikutnya.

Baca juga :  Bobby Adhityo Terkait Pernyataan Mahathir Mohamad Klaim Kepri: Indonesia Lebih Dulu Merdeka

Xanana Gusmao adalah salah satu tokoh penting dalam perjuangan kemerdekaan Timor Leste dari Indonesia. Ia pernah menjadi presiden dan perdana menteri Timor Leste. Saat ini, ia menjabat sebagai perdana menteri kedua di bawah Presiden Francisco Guterres.

Timor Leste merupakan negara mitra ASEAN yang sedang mengajukan permohonan untuk menjadi anggota penuh. Indonesia selaku negara tetangga dan sahabat mendukung upaya Timor Leste tersebut. (Ly)