Sumbar  

Dari Mengurangi Sampah Plastik Hingga “Kaidah Berlian”, Metode DLH Kabupaten Solok Jaga Lingkungan

Arosukapost.com, Solok – Sampah kemasan plastik adalah salah satu jenis sampah yang sulit diurai. Jadi ketika sampah dibuang, sampah plastik akan tetap ada di sana sampai bertahun-tahun.

Maka dari itu, terkait surat edaran Bupati Solok Tahun 2022 dalam rangka pengurangan sampah plastik. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Solok, Asnur, SH, MM, mengajak kepada masing-masing SKPD secara bertahap agar dapat menerapkan program dengan metode yang digunakan yakni dengan mengurangi penggunaan makanan atau minuman dalam bentuk kemasan plastik

“Dengan kiat ini setidaknya kita dapat mengurangi sampah plastik yang dimulai dari masing-masing SKPD, sehingga program ini dapat terwujud,” ungkap Asnur saat pembina apel pagi Pemerintah Kabupaten Solok, Senin (28/8/2023) di Lapangan Kantor Bupati Solok Arosuka.

Kemudian Asnur juga menyampaikan terkait edaran Bupati tentang menjaga kebersihan lingkungan, dimana Dinas Lingkungan Hidup telah menyampaikan edaran tersebut kepada seluruh SKPD untuk melaksanakan program “KAIDAH BERLIAN (Kamis Indah Bersih Lingkungan”.

“Program KAIDAH BERLIAN dimaksud, dimana setiap hari Kamis pada minggu kedua setiap bulannya kita melaksanakan kegiatan Gotong royong bersama di Lingkungan Kantor SKPD masing-masing,” terangnya.

Baca juga :  Tiga Tahun Hilang, Heri Warga Sungai Nanam Ditemukan di Panti Sosial Jakarta

Dalam kesempatan itu, Asnur juga mengingatkan kepada seluruh SKPD, untuk melakukan percepatan pelaksanaan kegiatan untuk realisasi Anggaran.

“Sebentar lagi kita akan memasuki bulan September dimana setelah ini kita akan memasuki periode akhir dari pelaksanaan Anggaran di Tahun 2023 ini, untuk itu kepada seluruh SKPD agar melakukan percepatan pelaksanaan kegiatan untuk realisasi Anggaran,” tuturnya. (NG)