Sumbar  

Setda Matangkan Persiapan Upacara HUT RI ke 78 Terapung Di Danau Singkarak

Arosukapost.com – Solok, 11 Agustus 2023 – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok dan Kepolisian Resor (Polres) Solok Kota menggelar rapat koordinasi untuk mematangkan persiapan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-78 secara terapung di permukaan Danau Singkarak.

Rapat koordinasi dengan Polres Kota ini dikoordinir Sekretaris Daerah (Setda) Kabupaten Solok, didampingi oleh Asisten I, Staf Ahli Bupati, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kapolres Solok Kota, Wakapolres Solok Kota, Para Kabag, Kasat dan Kapolsek Singkarak, yang bertempat di Polres Kota Solok

Setda mengatakan “bahwa rapat ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan mengevaluasi kesiapan pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke-78 yang akan dilakukan secara terapung di Danau Singkarak.”

Baca juga :  Ponten Sepuluh Wali Nagari Irwadi Mengatasi Banjir di Padang Candi Nagari Sungai Dareh

“Ini merupakan upacara yang pertama kali dilakukan secara terapung di Danau Singkarak. Kami ingin agar upacara ini berjalan dengan lancar, tertib dan hikmat,” ujar Setda

Ia juga menambahkan bahwa upacara peringatan HUT RI ke-78 secara terapung ini merupakan gagasan dari Bupati Solok, Epyardi Asda, Sesuai dengan yg disampaikan Bupati Solok,

“Kita ingin tampil beda yg mana tahun kemaren peringatan HUTRI ke 77 kita lakukan di puncak Gunung Talang, dan pada peringatan HUT-RI ke 78 tahun ini kita laksanakan terapung di danau Singkarak.”

Selain itu, Bapati ingin menampilkan keindahan dan keunikan Danau Singkarak sebagai salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Solok. “Ini juga sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat sekitar Danau Singkarak yang telah menjaga dan melestarikan danau ini.

Baca juga :  Penguatan Silaturahmi dan Etos Kerja ASN di Kabupaten Solok dalam Naungan Solok Super Team

Sementara itu, Kapolres Solok Kota, mengatakan bahwa pihaknya siap mendukung dan mengamankan pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke-78 Terapung di Danau Singkarak.

“Kami akan menyiapkan personel dan sarana prasarana yang dibutuhkan untuk mengawal upacara ini. Kami juga akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengantisipasi kemungkinan gangguan keamanan dan ketertiban,”

Upacara peringatan HUT RI ke-78 secara terapung di Danau Singkarak akan dilaksanakan pada Kamis (17/08/2023). Upacara ini akan dipimpin oleh Bupati Solok, Epyardi Asda, sebagai inspektur upacara.

Peserta upacara terdiri dari unsur Forkopimda Kabupaten Solok dan Pejabat daerah, TNI/Polri, Paskibraka, Pelajar dan Mahasiswa serta Masyarakat, serta unsur terkait lainnya. -(Ly)