Sumbar  

Bundo Kanduang Nagari Tanjuang Balik Lakukan Pembekalan Peningkatan Kapasitas

Arosukapost.com – Nagari Tanjuang Balik, Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok – Pada hari Kamis, 3 Agustus 2023, dilaksanakan acara pembekalan peningkatan kapasitas bagi Bundo Kanduang Nagari Tanjuang Balik. Kegiatan ini berlangsung di Balai Adat Nagari setempat dan diikuti oleh 44 orang Bundo Kanduang Nagari Tanjuang Balik.

Acara ini juga turut dihadiri oleh Wali Nagari Tanjuang Balik, Ketua KAN (Kerapatan Adat Nagari), serta perwakilan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok, yakni Pamong Budaya, Wirasto SH dan Zarlisno Antoni S.Pd beserta staf.

Dalam sambutannya, Ketua KAN Tanjuang Balik, Yondri Dt Mandaro, menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Solok yang telah mendukung dan aktif dalam melestarikan adat dan budaya. Ia juga menyoroti pentingnya kegiatan tersebut untuk mengenalkan adat kepada generasi muda yang semakin jarang mengenalnya.

Baca juga :  Talang Sakato FC Taklukan Bravo FC di Putaran Kedua Turnamen PSLS CUP I Batang Barus

Wali Nagari Tanjung Balik, Irvan Pitono, juga menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok. Acara pembekalan ini menjadi yang pertama kali diadakan antara seluruh Bundo Kanduang Nagari Tanjuang Balik dengan dinas yang membidangi adat dan budaya. Ia berharap kegiatan ini akan membawa kemajuan bagi Bundo Kanduang ke depannya, serta berharap adanya kegiatan serupa untuk ninik mamak pemangku adat.

Pada kesempatan tersebut, Pamong Budaya, Wirasto SH “Menyampaikan materi seputar larangan dan pantangan bagi Bundo Kanduang. Ia mengapresiasi dukungan dari pemerintah Nagari Tanjuang Balik dan KAN dalam upaya melestarikan adat dan budaya. Wirasto juga menjelaskan bahwa kegiatan serupa telah dilakukan di beberapa Nagari di Kabupaten Solok, namun acara di Tanjung Balik ini merupakan yang pertama. Semoga pembekalan dan silaturahmi ini dapat memberikan masukan yang berharga untuk kemajuan Bundo Kanduang Nagari Tanjuang Balik”.

Baca juga :  Kejari Dharmasraya Jemput Paksa Z, dalam Kasus Korupsi Pembangunan Gedung Produksi Tahun 2019

Selain pembekalan, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pendataan benda-benda yang diduga sebagai cagar budaya oleh Pamong Budaya, Zarlisno Antoni S.Pd.

Dengan semangat melestarikan adat dan budaya, acara pembekalan Bundo Kanduang Nagari Tanjuang Balik diharapkan akan berdampak positif bagi kelestarian warisan budaya lokal di wilayah Kabupaten Solok. (WR)