Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Diresmikan untuk Mendukung Konektivitas Bandara Kertajati

Arosukapost.com – Jawa Barat, 11 Juli 2023 – Presiden Joko Widodo, didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, meresmikan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Jalan tol yang dibangun selama 12 tahun, dari tahun 2011 hingga 2023, diharapkan dapat meningkatkan konektivitas dan mendukung operasionalisasi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Presiden Jokowi menyampaikan harapannya bahwa beroperasinya jalan tol ini akan mempermudah dan meningkatkan konektivitas menuju Bandara Kertajati. Dengan selesainya jalan tol ini, diharapkan Bandara Kertajati dapat beroperasional penuh pada bulan Oktober mendatang.

Baca juga :  Pemerintah Indonesia Berencana Membentuk Dewan Media Sosial untuk Tata Kelola Konten Digital

Jalan Tol Cisumdawu memiliki panjang total 61,6 km dan konstruksi senilai Rp18,33 triliun. Pembangunan jalan tol ini dilakukan melalui skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Seksi 1-2 dengan panjang 28,4 km dibangun menggunakan anggaran dari APBN sebesar Rp9,07 triliun. Sementara itu, seksi 3-6 dengan panjang 33,2 km dibangun oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) dengan investasi sebesar Rp9,36 triliun.

Baca juga :  Bahrizen Pimpin IKMS Kota Bima, Siap Kembangkan Kesenian dan Sosial

Salah satu fitur unggulan dari Jalan Tol Cisumdawu adalah adanya twin tunnel (terowongan kembar) dengan panjang total 472 meter. Fitur ini akan mempermudah mobilitas pengguna jalan tol, terutama saat melintasi area yang membutuhkan penghubung bawah tanah.

Diharapkan, dengan diresmikannya Jalan Tol Cisumdawu, akses menuju Bandara Kertajati akan menjadi lebih mudah dan lancar, serta mempercepat pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Jawa Barat. Pemerintah berharap bahwa pengoperasian jalan tol ini akan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat dan perekonomian daerah sekitarnya.

Sumber Data : KEMENPUPR